Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pawai Alegoris digagas Oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Meriahkan Peringatan HUT RI di Kota Langsa

8/20/2023 | 07:25 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-20T00:25:41Z


Kota Langsa, ALASANnews.com- Ribuan peserta pawai alegoris yang diikuti pelajar tingkat SD/MI, SMP/MTs, SMA/SMK/MA membanjiri Lapangan Merdeka kota Langsa untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun.  ke-78 Kemerdekaan Republik Indonesia , Sabtu (19/8/2023).

Peserta pawai alegoris yang mengenakan pakaian adat istiadat nusantara dilepas oleh Pj. Wali Kota Langsa, Ir. Said Mahdum Majid didampingi Ketua PKK Kota Langsa, Cut Safrida , Kadis dinas pendidikan dan kebudayaan kota langsa Dra. Suhartini.M.pd dan unsur Forkompimda kota Langsa.

Sekitar pukul 08:30 tepat peserta pawai dilepas yang diawali oleh peserta SD/MI dan dilanjutkan oleh SMP/MTs kemudian terakhir peserta pada tingkatan SMA/SMK/MA.

Sedangka ribuan peserta pawai mengitari rute yang telah ditentukan oleh panitia yakni awal start Lapangan Kompi Ban menuju Tribun Lapangan Merdeka Langsa lalu membelok ke arah Jalan A Yani terus ke Jalan Sudirman.

Lalu, peserta juga memasuki Jalan Iskandar Muda, lantas menuju depan RSUD Langsa kemudian berbelok ke Jalan Panglima Polem dan berakhir di Lapangan Kompi Ban atau Lapangan Belakang.

Sementara antusias warga Langsa menyaksikan pawai alegoris yang hampir empat tahun ditiadakan menyesaki lapangan merdeka bak ‘lautan manusia’ dan semua penjuru jalan diblokir yang menyebabkan lalu lintas padat merayap.

Selain itu juga, kemeriahan pawai alegoris ini sangat luar biasa karena hampir seluruh sekolah yang ada di Kota Langsa mengirimkan pesertanya mengikuti pawai alegoris.

Sementara itu Kadisdikbud Kota Langsa, Dra Suhartini MPd, menyatakan, pawai alegoris yang digagas oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Langsa disambut hangat para peserta.

Adapun peserta yang terdaftar mengikuti pawai alegoris ini meliputi untuk tingkatan SD/MI ada 5.840 dan untuk tingkatan SMP/MTs ada sekitar 2.400 dan terakhir untuk tingkatan SMA/SMK/MA ada sekitar 1.683 dengan total jumlah peserta 9.923 peserta.

“Alhamdulillah pelaksanaan pawai alegoris berjalan dengan baik dan penuh semangat serta para pelajar menunjukan semangat nasionalisme dan patriotisme,” kata Suhartini.

Kemudian pada sore harinya dibagikan berupa hadiah dari Dinas pendidikan dan kebudayaan Kota Langsa dari juara 1 hingga juara 3 dan harapan 1 hingga harapan 3 untuk semua jenjang pendidikan yang mengikuti pawai alegoris.

“Hadiah yang kita berikan berupa uang pembinaan dan tropy, kami ucapkan terimakasih kepada para dewan juri yang menilai pada kegiatan ini ,dewan guru, peserta, panitia dan wali siswa yang telah memberikan supportnya,” tandas kadis pendidikan dan kebudayaan itu pada media yang murah senyum kepada siapapun yang ketemu padanya. (zainal)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update