Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Diprediksi akan Punah, Bahasa Tolitoli diSeminarkan

10/24/2023 | 13:14 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-24T06:14:55Z


TOLITOLI, ALASANnews - Badan riset dan inovasi Daerah Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan Seminar pelaksanaan kegiatan evaluasi pembelajaran " Modul Moguru Tinga Totolrii Tahun 2023 " bekerja sama dengan lembaga penelitian dan pengabdian pada masyarakat (LPPM) Universitas Madako dibuka secara resmi Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM yang mewakili Bupati Tolitoli Ir. Moh. Akbar syah M.Si yang digelar di Aula Hotel Bumi Harapan pada (Selasa, 24-10/2023).

Badan riset dan inovasi Daerah Kabupaten Tolitoli Ir. Syafruddin A Rahman, ST. M.Eng.IPU menyampaikan," Dengan melihat kondisi bahasa Tolitoli sudah mulai kurang, sewaktu-waktu tidak dilestarikan bahasa Daerah Tolitoli akan punah, sebab bahasa Daerah adalah kebudayaan, sehingga dari riset dan inovasi Daerah mengadakan seminar ini dengan tujuan bagaimana persoalan yang ada dimasyarakat dan disekolah yang akan diajarkan ke anak-anak sejak masih SD serta menjaga agar bahasa Daerah Tolitoli tidak akan punah sehingga
hasil dari seminar ini akan direkomondasikan ke Bupati dan ditindaklanjuti ke Dinas Pendidikan," Kata Kepala Badan.

Sementara itu Staf Ahli Bupati bidang Kemasyarakatan dan SDM membacakan sambutan tertulis Bupati Tolitoli mengatakan,"
Bahasa Tolitoli, sebagai bahasa Daerah memegang peranan penting sebagai identitas utama, ciri khas, alat komunikasi dan instrumen bagi etnis suku Tolitoli serta masyarakat yang telah menetap di Kabupaten Tolitoli. di mana selain berfungsi sebagai bahasa budaya juga untuk mempererat keakraban serta untuk mengetahui sejarah nenek moyang dalam bertutur. Selaku pemerintah Daerah, sangat mendukung pembelajaran bahasa Tolitoli dalam pembelajaran yang di ajarkan kepada anak-anak kita.
Diakhir sambutannya, mengharapkan dari pelaksanaan evaluasi pembelajaran bahasa Tolitoli ini, diperoleh hasil yang baik dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan pengajaran bahasa Tolitoli, serta memberikan kesimpulan yang bermanfaat bagi pemberdayaan, pelestarian, dan pengembangan bahasa Daerah Tolitoli sebagai warisan budaya bagi generasi kita dimasa depan," Jelasnya.

Acara tersebut dihadiri Badan Riset dab Inovasi Nasional DR. Hasia Marto, S. Pd. M. Pd, Kepala Badan Riset dan Inovasi Daerah Kabupaten Tolitoli bersama jajarannya, perwakilan Kepala Badan Perencanaan pembangunan Daerah Kabupaten Tolitoli, Kepala bidang kebudayaan Dinas pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Tolitoli, Ketua adat Tolitoli, para kepala sekolah dasar negeri se kabupaten Tolitoli, serta hadirin undangan lainnya..* Wahyu *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update