Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kolonel Adm Amiruddin Laupe, S.Sos., M.M : "Membangun kesadaran bela negara berarti membangun karakter bangsa"

12/05/2021 | 17:14 WIB | 0 Views Last Updated 2021-12-05T10:14:43Z


ALASANnews, Jakarta | Kolonel. Adm. Amiruddin Laupe, S.Sos., M.M.
sebagai Kasubdit Lingkim Ditbelneg Ditjen Pothan Kemhan,  menghadiri acara pelantikan dan pembekalan Forum Kader Bela Negara ( FKBN ) di wisma Kemhan Matraman , Sabtu (04/11/2021).


Selain memberikan sambutan kepada pengurus yang telah di lantik, kolonel Amir juga memberikan pembekalan tentang bela negara kepada peserta pelantikan, pengurus dan anggota Fkbn DKI Jakarta  beserta , pengurus Banon satraipat , Kartini , LBH dan  perwakilan Bakorda Jaksel, Jakut , Bekasi .


Adapun materi yang diberikan oleh kolonel Amir ,  tentang wawasan dan pemahaman bagaimana kita dalam melakukan bela negara untuk bangsa dan negara, hal ini sangatlah tepat dan relevan guna menumbuh kembangkan kesadaran bela negara bagi semua lapisan masyarakat di berbagi wilayah sebagai agen perubahan  dan kader bela negara  sekaligus motor penggerak  dalam mewujudkan sistem  pertahanan negara yg tangguh.


Selain itu menurut kolonel Amir, sebagaimana diamanatkan dalam UU no 23 tentang PSDN untuk pertahanan Negara, bahwa bela negara adalah tekad sikap dan perilaku serta tindakan kita sebagai warga yang baik secara perorangan  maupun kolektif dalam menjaga kedaulatan negara , keutuhan wilayah serta keselamatan bangsa dan negara yang di jiwai oleh kecintaannya kepada NKRI, Pancasila dan UUD 45 dalam menghadapi tantangan Ujarnya.


Tantangan dan ancaman yang dihadapi bangsa ini sangat kompleks ancaman tidak bersifat fisik saja  akan tetapi non fisik yang. Bersifat multi dimensi, yaitu yang berbasis teknologi, budaya , ekonomi  dan ilmu pengetahuan 
Yang artinya perang bukan menjadi domain militer saja tetapi diperlukan juga keterlibatan seluruh potensi  bangsa termasuk para kader bela negara untuk menghadapinya tuturnya..


Membangun kesadaran bela negara  senantiasa melakukan hal baik dalam setiap aktivitas masing masing, kesadaran inilah yang menjadi cerminan implentasi nilai nilai belanegara , mengingat setiap warga negara  memiliki hak dan kewajiban dalam ikut serta dalam upaya pembelaan negara sebagaimana di amanatkan pasal 27 ayat (3) UUD 45. Sehingga selain sebagai kewajiban dasar manusia juga merupakan kehormatan bagi setiap warga negara.pungkasnya di akhir pembekalan.

Source : Ana 
Sekertaris FKBN DKI Jakarta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update