Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Raker Sosialisasi Guru penggerak dan sekolah Penggerak bersama KKG bermutu Gugus IX Ciangsana Bogor

3/27/2022 | 16:01 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-27T09:01:52Z



Bogor, alasannews -- Rapat kerja guru di Kecamatan gunungputri dilaksanakan pada hari Jumat di SDN 04 Ciangsana, dan di buka oleh ketua gugus IX Ciangsana Bapak Nanang Rohendi, S.Pd.yang juga menjadi kepala sekolah SDN 04 Ciangsana , ( 25/03/22)

Pada saat pembukaan acara raker sosialisasi guru penggerak dan sekolah Penggerak oleh Bapak Nanang . Beliau menyampaikan bahwa menjadi seorang guru itu harus mempunya sikap etitude yang baik dan lebih menghormati orang  yang lebih tua dan  disiplin ketika melaksanakan semua kegiatan,  baik KBM atau dalam kegiatan sehari hari .

Dan semua ini di awali dari diri sendiri dan keluarga sehingga bisa di terapkan di masyarakat , sehingga para guru ini menjadi contoh yang baik bagi  anak didiknya dan orang orang di lingkungannya tuturnya di acara pembukaan raker guru di SDN 04 Ciangsana.

Setelah raker KKG  Gugus IX Ciangsana dibuka , selaku  mentor untuk memaparkan  sosialisasi  guru dan sekolah  pengerak , Ibu Asiah Alyafei, M.Pd. 

Dijelaskan bahwa guru Penggerak  adalah pemimpin pembelajaran yang menerapkan merdeka belajar dan menggerakkan seluruh ekosistem pendidikan untuk mewujudkan pendidikan yang berpusat pada murid.




Misalkan membuat video atau foto kegiatan bersama murid lalu di upload di medsos. Ujarnya 

Sedangkan Tugas Guru Penggerak adalah

1. Guru Penggerak bertugas  menggerakkan komunitas belajar untuk rekan guru di sekolah dan di wilayahnya. 

2. Guru Penggerak menjadi Pengajar Praktik bagi rekan guru lain terkait pengembangan pembelajaran di sekolah.

3. Guru Penggerak mendorong peningkatan kepemimpinan murid di sekolah.

Tujuan guru penggerak menurut Ibu Asiah,  supaya guru  lebih konsisten berikhtiar menciptakan perubahan dan budaya positif di lingkungan sekolahnya, lebih jauh lagi lingkungan komunitas, masyarakat, bahkan Negara demi tercapai tujuan pendiikan dan mewujudkan siswa berkarakter

Sedangkan
Sekolah penggerak yaitu 
sekolah yang berfokus pada pengembangan hasil belajar siswa secara holistik dengan mewujudkan Profil Pelajar Pancasila yang mencakup kompetensi kognitif (literasi dan 
numerasi) serta nonkognitif (karakter) yang diawali dengan SDM yang unggul (kepala sekolah dan guru). Tuturnya di akhir kegiatan raker gugus IX Ciangsana 

Reporter ( Anna Mentari)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update