Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Seberapa pentingnya kota Mariupol bagi invasi Rusia ke Ukraina

4/30/2022 | 11:01 WIB | 0 Views Last Updated 2022-04-30T04:01:59Z



Jakarta, alasannews. --

Pejabat Ukraina mengklaim pada Sabtu (23/4) bahwa Rusia secara paksa mendeportasi 308 warga Mariupol ke Primorsky Krai di wilayah Timur Jauh Rusia. Dari 308 warga yang dideportasi, sebanyak 90 di antaranya adalah anak-anak.

"Rusia secara paksa mendeportasi warga Ukraina dari Mariupol ke Primorsky Krai - 8.000 kilometer dari tanah air mereka," kata Lyudmyla Denisova, Komisaris Parlemen Ukraina untuk Hak Asasi Manusia, dalam sebuah unggahan di Telegram dilansir dari CNN.

Menurut Denisova, sukarelawan melaporkan bahwa sebuah kereta api mengangkut 308 warga Ukraina dari Mariupol tiba di kota Nakhodka pada Kamis (21/4). Kereta itu mengangkut ibu-ibu, anak kecil, penyandang disabilitas, dan pelajar.

Denisova juga menyertakan foto-foto yang menunjukkan kedatangan warga Ukraina di stasiun kereta api dalam unggahan Telegramnya.


Portal berita lokal Rusia di Vladivostok,vl.com, juga mempublikasikan gambar dan video yang menunjukkan pengungsi dari Mariupol tiba dengan kereta api.

Lebih lanjut, Denisova mengklaim penduduk Mariupol dikirim dengan bus ke akomodasi sementara di kota Wrangel. Mereka juga diharapkan menerima dokumen baru yang memungkinkan mereka bekerja di Rusia.

Dalam unggahan tersebut, Denisova juga menyatakan bahwa Rusia telah melanggar Konvensi Jenewa mengenai Perlindungan Orang Sipil di waktu Perang.

"Pendudukan Rusia [di Mariupol] sangat melanggar ketentuan Pasal 49 Konvensi Jenewa tentang Perlindungan Orang Sipil di Masa Perang, yang melarang relokasi paksa atau deportasi orang dari wilayah pendudukan," kata Denisova.

Sementara itu, Petro Andriushchenko, seorang penasihat Wali Kota Mariupol, juga mengklaim bahwa Rusia mendeportasi 308 penduduk Mariupol ke Vladivostok pada Kamis (21/4).

Hal itu dibenarkan oleh unggahan Wali Kota Mariopul yang mengatakan bahwa dari 308 warga yang dideportasi, 90 di antaranya adalah anak-anak.

"Orang-orang diakomodasi di sekolah dan asrama. Kemudian direncanakan untuk mengirim mereka ke berbagai pemukiman di Primorsky Krai," tulis unggahan Telegram Wali Kota Mariupol.

Seperti yang diketahui,pasukan Rusia kini menguasai sebagian besar Mariupol. Anggota parlemen federal dari Republik Chechnya Adam Delimkhanov mengatakan Rusia berhasil menghancurkan kota pelabuhan Mariupol di Ukraina.

Adam Delimkhanov disebut-sebut sebagai salah satu komandan pasukan khusus Chechen yang beraksi di Mariupol.

Mengutip Themoscowtimes.com, Pemimpin Chechen Pro-Rusia, Ramzan Kadyrov, menunggah video pernyataan, Adam Delimkhanov di media sosial.

Dalam video itu, Delimkhanov mengenakan seragam tempur bersama puluhan tentara Chechen di depan gedung administrasi milik pabrik baja Azovstal di mana pasukan Ukraina terus melawan serangan Rusia.

Presiden Vladimir Putin memuji pembebasan Mariupol Kamis (21/4) pagi dan memerintahkan agar pasukan Ukraina yang tersisa diblokade di dalam pabrik baja.

"Bisa dikatakan operasi khusus untuk menghancurkan dan membersihkan Mariupol telah selesai hari ini," kata Delimkhanov dalam video tersebut.

"Perintah Presiden Vladimir Putin telah terlaksana," imbuhnya.

Delimkhanov tidak menyebutkan secara jelas apakah maksud pernyataannya menunjukkan bahwa Putin dan Kadyrov memerintahkan penghancuran Mariupol.

Atas serangan itu, Presiden Ukraina Volodymyr Zelensky mengatakan situasi di Kota Mariupol sangat buruk. Zelensky mengklaim sekitar 120 ribu warga sipil dilarang meninggalkan kota Mariupol yang terkepung.

"Situasinya sulit seperti yang Anda ketahui. Situasinya buruk. Kami percaya itu tidak berubah sejak kemarin," kata Zelensky pada Kamis (21/4).

"Seperti yang Anda ketahui beberapa ribu orang terjebak, termasuk prajurit dan warga sipil, terutama wanita dan anak-anak. Saya juga mengatakan kepada rekan-rekan bahwa hampir 120 ribu warga sipil terjebak di Mariupol menurut perkiraan kami," pungkasnya.

(nel/chs)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update