Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

KOMANDAN KODIKLATAL PIMPIN PAPARAN RENCANA KEGIATAN TIGA LATTEK SISWA

6/22/2022 | 20:07 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-22T13:07:41Z




Alasan, Surabaya -- Komandan Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Dankodiklatal) Letnan Jenderal  TNI (Mar) Suhartono, memimpin paparan rencana tiga kegiatan Latihan Praktek (Lattek) siswa Kodiklatal. Paparan tersebut dilaksanakan di Ruang rapat Mako Kesatrian Kodiklatal Bumimoro Surabaya, Rabu (22/6/2022).

Ketiga rencana Lattek tersebut adalah Lattek Berganda Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLII/1 TA 2022 Tahap Dasar Prajurit, Lattek Dikko 169 Siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLI/2 Tahap Sargolan Marinir TA 2021, serta Lattek Terbang Transisi Sayap Tetap Pesud Single Engine siswa Diktukpa TNI AL Korps Pelaut profesi Penerbangan angkatan LII TA 2022.

Selain Dankodiklatal, pejabat yang hadir dalam paparan tersebut Wadan kodiklatal Laksda TNI Agus Hariadi, Inspektur Kodiklatal Brigjen TNI Mar Amir Faisol, Kapokgadik Kodiklatal Laksma TNI Zulkifli Mahmud, para Direktur Kodiklatal, para Komandan Kodik dan Komandan Puslat dijajaran Kodiklatal. Selain itu hadir pula para Paban di bawah Ditdik, Ditjianbang dan Ditum.

Paparan pertama Lattek Berganda Siswa Dikmaba TNI AL Angkatan XLII/1 TA 2022 Tahap Dasar Prajurit oleh Danseba Puslatdiksarmil Letkol Mar Niko Herdiyanto, menyebutkan bahwa Lattek akan dilaksanakan selama 18 hari di Puslatpur Purboyo Kabupaten Malang, dengan peserta sebanyak 815 orang siswa. Lattek terbagi empat tahap, yakni Tahap pertama Lattek menembak meliputi menembak senapan, dan pistol. Tahap dua Lattek berganda meliputi jurit tangkas dan jurit malam, perembesan, lempar granat, pioner, Lattek kompas, sedangkan tahap tiga yakni Sea and Jungle Survival meliputi praktek Eksersisi perahu karet, penggunaan liferaft, serta menangkap dan memasak binatang. Sedangkan Tahap keempat atau terakhir yaitu gerakan lintas medan (Limed) dengan jalan kaki.

Berikutnya Paparan kedua Lattek Dikko 169 Siswa Dikmaba dan Dikmata Angkatan XLI/2 tahap Sargolan Marinir, disampaikan oleh Danseba Pusdikif Letkol Marinir Suherlan, menyampaikan bahwa tujuan dari lattek Dikko adalah untuk membekali dan melatih siswa agar memiliki kemampuan dan keterampilan tentang teknik dan taktik pertempuran di berbagai medan dengan kesatuan tim maupun perorangan. Sedangkan sasaran latihan adalah agar siswa dapat melaksanakan problem tahap dasar komando, tahap laut, tahap hutan, tahap operasi khusus dan problem lintas medan dengan baik dan benar.

Sedangkan paparan ketiga Lattek Terbang Transisi Sayap Tetap Pesud Engine siswa Diktukpa Korps Pelaut profesi Penerbangan Angkatan LII TA 2022, disampaikan oleh Mayor Laut (P) Candra Budiharjo dari Pusdiksus bahwa lattek akan dilaksanakan selama 23 hari dari 7 Juli hingga 8 Agustus 2022 menggunakan lima pesawat latih Piper Archer DX PA-28-181.

Menanggapi rencana tiga lattek tersebut, Dankodiklatal dalam sambutanya menyampaikan agar latihan tersebut dilaksanakan dengan sungguh -sungguh dan mengikuti prosedur yang telah ditetapkan dalam latihan. Hal ini untuk meminimalisir terjadinya kecelakaan baik personel dan material selama dalam pelaksanaan latihan
 
Di sisi lain kegiatan paparan rencana kegiatan Lattek siswa Kodiklatal ini, merupakan tindak lanjut dari perintah Dankodiklatal, yang selaras dengan program prioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono yaitu membangun SDM TNI AL yang unggul, profesional serta tangguh dalam menghadapi segala ancaman.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update