Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

FKBN DIY Gandeng Mahasiswa Broadcasting AKRB Untuk Bela Negara

9/22/2022 | 10:51 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-22T03:51:12Z




Alasannews-- ,Yogyakarta Badan Koordinator Wilayah Forum Kader Bela Negara Daerah Istimewa Yogyakarta (Bakorwil FKBN DIY) adalah wadah komponen pendukung pertahanan Negara. kali ini  berkesempatan untuk memberikan materi tentang Bela Negara kepada rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi baru di kampus Akademi Komunikasi Radya Binatama Yogyakarta (AKRB). 

Materi pembekalan bela negara diberikan khusus hanya pada  Program Studi Broadcasting pada saat kegiatan Orientasi Pengenalan Internal dan Eksternal Kampus (OPIEK) pada tanggal (21/09/ 2022)


Kegiatan tersebut dilaksanakan di Kampus 2 AKRB, Jl. Bantul, Suryodiningratan No.77, Yogyakarta. Dikarenakan sistem OPIEK yang membagi mahasiswa menjadi 3 kelompok, maka Bakorwil FKBN DIY menugaskan tiga personil, diantaranya Daru Putri Kusumaningtyas, M.Han, Setiono, S.Th.I., M.A, dan Muhammad Rizky, S.M, M.M untuk menjadi narasumber. 

Kegiatan ini bertujuan untuk mengajak mahasiswa dan mahasiswi baru AKRB Yogyakarta untuk siap mengamalkan nilai-nilai dasar Bela Negara.


Sedangkan tema yang diusung Bakorwil FKBN DIY yaitu Bela Negara dari Perspektif Dunia Broadcasting. Hal tersebut sesuai dengan jurusan dari kampus AKRB Yogyakarta dimana AKRB Yogyakarta yang menyediakan empat program studi yaitu produksi konten media, program TV dan radio, film dan sinetron, dan multimedia.


Dalam acara OPIEK ini Setiono, S.Th.I.,M.A sebagai narasumber lebih menekankan pada pentingnya Bela Negara ditataran dunia pendidikan dan umumnya masyarakat.


Selain itu bahwa rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi Broadcasting AKRB memiliki peran penting dalam ikut serta mengamalkan nilai-nilai dasar Bela Negara dalam kehidupan sehari-hari seperti meningkatkan semangat nasionalisme dan patriotisme melalui media massa baik itu media online, media visual maupun media cetak terkhusus  dunia broadcast.


Dengan cara membuat konten-konten yang membangun, motivasi dan berani menyampaikan kebenaran. Sehingga yang disampaikan didalam konten-konten tersebut dapat memberikan pengaruh positif terhadap audiens atau pembaca. 


Selain itu rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi Broadcasting juga memiliki peran strategis khususnya dalam pembuatan berita atau informasi yang akurat, akuntabel, obyektif dan sesuai fakta yang ada serta kekinian. 


Artinya mahasiswa dan mahasiswi Broadcasting harus kritis dalam berbagai hal. Maka untuk menjadi kritis dan cerdas perlu banyak membaca literasi. Hal ini juga bagian dari pengamalan Bela Negara.


Menurut Daru Putri Kusumaningtyas, M.Han, “program studi yang ada di AKRB Yogyakarta ini program studi yang sangat strategis dan berhubungan dengan komunikasi massa, dimana komunikasi massa merupakan bentuk komunikasi yang menggunakan media massa yang meliputi siaran televisi, surat kabar, siaran radio dan media online yang dapat menjangkau masyarakat secara luas dalam tempo yang tidak terlalu lama.


Media massa memiliki empat fungsi utama yaitu sebagai sumber informasi (to inform), sebagai sarana pendidikan (to educate), sarana hiburan (to intertain), dan mempengaruhi (to influnce). 


Selain empat fungsi tersebut, media masaa juga mampu menjadi alat control kehidupan masyarakat. Sehingga dengan hadirnya Bakorwil FKBN DIY dalam OPIEK AKRB Yogyakarta dapat memotivasi mahasiswa dan mahasiswi AKRB Yogyakarta untuk terus berkarya dan membuat konten-konten yang sesuai dengan pancasila demi mengharumkan nama pribadi, orang tua, kampus, dan juga Indonesia".


Kemudian Muhammad Rizky menambahkan bahwa Bela Negara tidak harus wajib militer, tetapi dapat mengikuti kegiatan kampus dan menambah literasi tentang broadcasting. Pada era pos truth media sosialmenjadi media untuk menyediakan layanan terutama tentang isu hoax. Namun bilamana memiliki literasi yang memadai terutama bagi mahasiswa dan mahasiswi di AKRB dapat memberikan narasi positif tentang berita tersebut. Hal itu juga bagian dari Bela Negara.


Dengan demikian bahwa Bela Negara itu merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara. Sehingga Bela Negara tidak melihat apa profesi kita. Bela Negara dapat dilakukan kapanpun dan dimanapun serta oleh siapapun. 


Maka harapan dari kegiatan ini rekan-rekan mahasiswa dan mahasiswi Broadcasting dapat memilah dan memilih informasi yang benar dan jelas. Kemudian dapat mengamalkan nilai-nilai dasar Bela Negara melalui peran Broadcasting.

Redaksi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update