Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Vero Yudo Margono Resmi Membuka Rapat Kerja Nasional Yayasan Hang Tuah Th 2022

9/29/2022 | 00:04 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-28T17:04:55Z



Jakarta -- Rapat Kerja Nasional (Rakernas) Yayasan Hang Tuah Th. 2022 berlangsung di Whiz Prem Hotel Kelapa Gading Jakarta,  Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah Ny. Vero Yudo Margono membuka secara langsung Rakenas  kali ini di ikuti oleh 14 Cabang yang tersebar  dari Sabang hingga Merauke, Rabu (28/9). 

Ketua Umum Yayasan Hang Tuah Laksda (Purn) Dr. Dani Achdani, S.Sos., S. E., M.A.P mengawali Rakernas dengan Laporan kepada Ketua Pembina tentang  kesiapan pelaksanaan Rakernas. Peserta yang dapat hadir adalah para Ketua Pengurus Cabang  ( 14 Kapeng) serta Kasatdik  dari tingkat Paud 2, Kasatdik TK 45, Kasatdik SD 45, Kasatdik SMP 18, kasatdik SMA 10 dan Kasatdik SMK 10. Jumlah seluruh peserta hingga di mulai Rakernas  tercatat di sekretariat  243  termasuk ( Panitia, Peserta dan undangan).

Ketum YHT juga memaparkan bahwa maksud dilaksanakan  Rakernas ini adalah untuk menyinergikan  Visi , Misi dan semangat Kolaborasi  Untuk Mewujudkan  Projek Penguatan  Profil Pelajar  Pancasila Menuju  Satdik yang unggul dan berjiwa  Bahari.  Sementara itu tujuan Rakernas menurutnya adalah sebagai ajang untuk laporan serta evaluasi pelaksanaan  Pendidikan di Yayasan Hang Tuah, konsolidasi dan koordinasi strategi pengembangan keunggulan Yayasan Hang Tuah, memahami arah kebijakan Yayasan Hang Tuah, membangun  kesepahaman dan berbagi pengalaman antar peserta rapat kerja, merumuskan strategi pelaksanaan Prioritas Program Kerja Satuan Pendidikan 4 tahun ke depan.

Pada laporan akhirnya Ketum YHT menyampaikan bahwa Rapat Kerja Nasional Yayasan Hang Tuah dilaksanakan Setiap empat tahun sekali, terakhir dilaksanakan pada tanggal 28-29 September 2016 di Hotel Utami Sidoarjo, kemudian yang terjadi hari ini adalah Rakernas YHT dapat diselenggarakan di Jakarta.


Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah dalam sambutannya menyampaikan bahwa , pendidikan mempunyai peran yang sangat strategis dalam proses pmbudayaan dan pemberdayaan manusia dalam kancah dinamika peradaban manusia. Secara pragmatis ekonomis pendidikan akan mengembangkan komunitas warga terdidik, terampil, berbudaya dan berakhlak yang mulia untuk meningkatkan daya saing bangsa.

Dengan tema Raker Yayasan Hang Tuah Tahun 2022 adalah :  “Melalui Rapat Kerja Nasional Tahun 2022, Satdik Yayasan Hang Tuah Siap Mengimplementasikan Kurikulum Merdeka Guna Mewujudkan Penguatan Profil Pelajar Pancasila Yang Berjiwa Bahari”. Untuk itulah para Kasatdik yang hadir di Rakernas ini memiliki tanggung jawab yang tidak ringan,  Kunci Keberhasilannya  adalah kerja keras, kerja cerdas, kerja iIkhlas, kerja tuntas, profesional dan kompetitif dan  guru sebagai ujung tombak pendidikan dalam menyusun perencanaan sekolah.

Sebagai pamungkas dalam sambutannya Ketua Pembina Yayasan Hang Tuah  mengharakan agar satdik yang berada di Yayasan Hang Tuah dapat menjadi model, baik dalam Implementasi Kebaharian, ciri khas sekolah Hang Tuah mampu menjadi sekolah mandiri, mampu bersaing  minimal dengan sekolah sekitar/lokal maupun global.

Seusai menyampaikan sambutan Ketua Pembina YHT melanjutkan  penyematan  tanda peserta Rakernas kepada perwakilan Kasatdik TK Marinda Ika P, S.Pd (dari Jakarta), Kasatdik SD Arpin, S.Pd., M.Pd (dari Makasar), Kasatdik SMP Hang Tah 6 Excellent Irra Fatukawati, S.Si., M.Pd (dari Surabaya)  Kasatdik SMA  Aizzatin Mahmudah, S.Pd (dari Tarakan) , Kasatdik SMK Hnag Tuah 2  Ahmad Arif Fahrudin, S.Sos.I (Jakarta)  kemudian di teruskan Launchin Website PP Yayasan Hang Tuah.

Sesi berikutnya adalah paparan,  Paparan yang pertama   tentang bagaimana keberadaan  Website PP.YHT oleh Ilham Amifiat, dilanjutkan paparan  E Library oleh Kasatdik SMP Hang Tuah 4 Suabaya  Drs. Gung Ambar. S., M.M.
 
Tidak ketinggalan  ILMCi ( I Love My Country Indonesia)  DR. Sofian Tjandra , Phd juga menyampaikan betapa pentingnya  literasi digital dan pembelajaran yang menyenangkan  ( Your Happy Leaning Place)  selain juga diberikan berupa film-film animasi dengan sentuhan auditory, visual, phychomotorik yang terpadu dan menyeluruh, tuturnya.   ILMCI   sendiri bersama Yayasan Hang Tuah telah melaksanakan MoU  pada tanggal (06/09/22)  beberapa hari yang lalu.

Disamping itu juga dilaksanakan  paparan “ Kebijakan Kemendikbud Ristek Tentang Peningkatan Kualitas Pendidikan” dengan nara sumber DR.Drs Rachmadi Widdiharto, M.A dengan moderator  Irra  Fatukawati , S.Si., M.Pd. Paparan   dapat di simpulkan sebagai berikut : bahwa guru dan  Kepala Sekola belajar mandiri, guru dan kepala sekolah belajar kurikulum merdeka dengan mengikuti seri Webinar, guru dan kepala sekolah belajar kurikulum merdeka di dalam komunitas belajar, guru dan kepala sekolah belajar praktek baik melalui  narasumber yang sudah di rekomendasikan, guru dan kepala sekolah memanfaatkan pusat layanan bantuan  ( helpdesk) untuk mendapatkan informasi lebih dan guru serta kepala sekolah  bekerja sama dengan mitra pembangunan untuk implementsi kurikulum merdeka. 

Sebagai paparan  selanjutnya setelah usai Isoma, pada jam 13.00 di sampaikan  paparan dengan tema  Kebijakan  Implementasi  Kurikulum Merdeka secara Mandiri oleh nara sumber Dr. Erisda Eka Putra, S.Pd., M.Si  dengan moderator Purwatiningsih. Pada akhirnya usai paparan dapat di simpulkan bahwa Kurikulum Merdeka mengikuti perkembangan peserta didik,  Penerapan kurikulum merdeka harus melaksanakan asesmen awal. Dalam pelaksanaan kurikulum merdeka pembelajaran harus bermakna dan sesuai kebutuhan anak, Kunci dari kurikulum merdeka adalah pembelajaran karakter, kompetensi, fleksibel, dan kontekstual .

Dan pada sesi terakhir Anggota Anggota Pembina Bidang Umum  PP Yayayasan Hang Tuah  Laksma TNI  (Purn) Drs. Rosehan Chaidir, M.A menyampaikan kebijakan PP YHT tentang kebijakan-kebijakan  Pusat Yayasanan Hang Tuah , karena di sinyalir masih ada beberapa  guru yang belum memahami karena masih baru saja  memulai bekerja di Yayasan Hang Tuah.

Turut hadis dalam Rakernas YHT kali ini Ketua Pengawas Ketua Pengawas Ny.  Wiek Ahmadi Heri,  Angwasda II,  Anggota  Pengawas PP YHT Laksma (Purn) Nanang Eko Ismurdianto, S.Sos., M.M., C. Fr.A., CRMP, Sekertaris PP YHT Eka Agustina , A.Md, Kabidbang PP YHT Kol (Purn) Zaenal Abidin Irawan, S.H., M.H,Kabidik PP YHT Kol (Purn)  Regeng Pramono, S. Kom., M.M, Komandan Lantamal III. Ketua Seksi Organisasi Dan Ketua Seksi Kebudayaan PP Jalasenastri serta instansi  terkait (yht/dar).
,

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update