Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

DPC Hipakad Tangsel CAKRA JAWARA Bersama Yon Arhanud 1 Kostrad/PBJ

10/12/2022 | 21:17 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-12T14:17:06Z


Tangsel - DPC Hipakad Kota Tangsel bersama Yon Arhanud 1 Kostrad/PBJ melaksanakan program menanam seribu pohon, bantuan sosial dan bantuan stunting kepada masyarakat sekitar desa ekowisata keranggan, kecamatan Serpong, kota Tangerang Selatan, Rabu (12/10/2022). 

Program penanaman seribu pohon ini bertujuan agar ekosistem pada lingkungan tetap terjaga dan juga dapat mewarisi manfaat bagi penerus kita kedepannya.

Pohon yang ditanam adalah pohon buah dan pohon keras, pohon tersebut terdiri dari 150 pohon nangka, 150 pohon salam, 150 pohon durian,150 pohon sirsak dan 400 pohon trembesi.

Danyon Arhanud 1 Kostrad Serpong Letkol arh Pramono berharap, program penanaman seribu pohon ini dapat mewarisi manfaat yang besar bagi generasi penerus kita kedepannya.

"Penanaman pohon ini berlokasi di bantaran sungai cisadane, Saya berharap dapat berguna untuk mencegah erosi dan juga untuk menjaga kelestarian alam di sepanjang sungai cisadane." Kata Danyon Arhanud 1 Kostrad Serpong, Letkol arh Pramono.

Program ini bekerjasama dan didukung oleh Pemda, Polri, Unsur wilayah Kodim, kemudian dari tokoh masyarakat, kelompok pemuda dan beberapa perusahaan yang bekerjasama dengan masyarakat sekitar kampung wisata keranggan.

Menurut Alwany, S.Pd (ketua Pokdarwis, pengelola Kampung Ekowisata Keranggan) dan Bambang (bendahara Pokdarwis), kampung wisata unggulan Kota Tangsel ini berbasis sepenuhnya kepada masyarakat, tanpa adanya keterlibatan investor luar. 

Destinasi ekowisata Kampung Keranggan sendiri saat ini sudah masuk dalam kategori Berkembang menurut penilaian Kemenparekraf RI seperti tertulis dalam website Jaringan Desa Wisata (jadesta.com).

Sebagai informasi, desa wisata yang ada di Indonesia dikelompokkan ke dalam empat kategori, diurutkan mulai dari yang terendah hingga tertinggi: Rintisan, Berkembang, Maju dan Mandiri.

Ke depannya, tentu potensi Kampung Ekowisata Keranggan masih dapat ditingkatkan lagi menuju kategori Maju, bahkan diharapkan kelak terkategori Mandiri. 

Diperlukan kerja keras dari masyarakat Kampung Ekowisata Keranggan untuk mewujudkannya demi kesejahteraan mereka bersama. Tentu dibutuhkan pula perhatian yang lebih besar dari Pemkot Tangerang Selatan beserta kalangan perguruan tinggi untuk ikut membantu mewujudkannya.

Walikota Tangsel Benyamin Davnie menjelaskan," Desa ekowisata ini mulai dikenal masyarakat dan berkembang sejak lima tahun yang lalu, terlihat dari adanya beberapa homestay dan wisata kulinernya." Kata Walikota Benyamin Davnie.

Daerah ekowisata ini adalah daerah sempadan sekitar 20Ha memanjang kekiri dan kekanan di sekitar kawasan.

Walikota Tangsel berpesan agar kawasan kampung ekowisata keranggan ini di jaga kelestariannya.

"Semoga dengan adanya program penanaman seribu pohon ini dapat memberi manfaat yang luas dan berkesinambungan. Selain untuk mencegah banjir diharapkan pohon-pohon yang kuta tanam ini akarnya nanti dapat dengan kuat menjaga agar tanah tidak mudah erosi." Tutup Walikota

Ketua Hipakad Kota Tangerang Selatan, Ipan Supanda juga memberikan harapannya," Semoga dengan terlaksananya Program penanaman seribu pohon ini memberikan dampak positif bagi kita dan penerus kita kelak, juga nantinya menjadi desa promosi wisata agar perputaran ekonomi  kampung wisata dapat terus tumbuh." Pungkas Ipan.


(red/*/krisna)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update