Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Deputi Bank Indonesia nilai Sulteng baik dalam menangani Inflasi

11/01/2022 | 06:39 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-31T23:39:43Z


Gubernur Sulawesi Tengah H. Rusdy Mastura, Bersama Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo , Wakil Ketua Banggar DPR RI , Muhidin Mohammad Said , Melakukan Pencanagan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Sulawesi Tengah, Senin , 31 Oktober 2022.

Pencanangan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) dilaksanakan Perwakilan BI Sulawesi Tengah Dwi Yanto Cahyo betsama Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah menggelar Sinergi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), dengan Thema " "Mositande, Masugi Ngata " Ayo Bersinergi Kendalikan Inflasi"*

Bank Indonesia bersama Tim Pengendalian Inflasi Pusat dan Daerah menggelar Sinergi Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), GNPIP bertujuan untuk mengurangi laju inflasi bahan pangan dari sisi suplai dan mendorong produksi.

Pencanangan ini menjadi upaya dan aksi nyata bersama dalam mendukung extra effort pengendalian inflasi pangan dari sisi hulu-hilir, dan merupakan tindak lanjut arahan Presiden RI dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Tahun 2022.

Deputi Gubernur Bank Indonesia Dody Budi Waluyo menilai tekanan inflasi yang bersumber dari meningkatnya inflasi pada kelompok administered price yang merupakan dampak dari penyesuaian harga BBM serta risiko fluktuasi kelompok volatile foods mendorong perlunya upaya pengendalian inflasi di Provinsi Sulawesi Tengah.

“Kita berkumpul pada pagi hari ini meresmikan Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP) di Provinsi Sulawesi Tengah. Kami mengapresiasi setinggi-tingginya kepada Gubernur Sulteng,”kata Dody dalam Gerakan Nasional Pengendalian Inflasi Pangan (GNPIP), yang kali ini dilaksanakan di Provinsi Sulawesi Tengah.

Dia menjelaskan, Bank Indonesia sebagai otoritas moneter fiskal bertugas menjaga kestabilan inflasi serendah-rendahnya dan menjaga nilai tukar tetap stabil.

Bank Indonesia, menilai provinsi Sulawesi Tengah termasuk provinsi yang sangat baik dalam pengendalian inflasi secara nasional, dimana ada dua penghargaan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) diperoleh Provinsi Sulawesi Tengah pada tahun 2020 dan 2021.

Lebih lanjut, kata Dody, tahun ini isu inflasi bukan hanya permasalahan nasional melainkan juga menjadi permasalahan global. Dimana dalam Presidensi G20 Indonesia beberapa waktu lalu, juga dibahas mengenai masalah krisis energi dan krisis inflasi pangan.

“Pertemuan kita siang hari ini sangat penting, dan saya rasa semua yang hadir pada siang hari ini itu menunjukkan betapa kuat koordinasi,” ujar Doni.

Gubernur mengapresiasi GNPIP sebagai gerakan antisipasi nasional dalam rangka pengendalian Inflasi didaerah Walau sekarang Sulteng salah satu daerah surplus beras dan kita bersyukur atas Kinerja Bank Indonesia Sulawesi Tengah mendapat Aspresiasi dan Penghargaan dari Menko Prekonomian Airlangga Hartarto.

Selanjutnya Juga Ketua PKK Provinsi terus melakukan kegiatan bersama stakeholder termasuk dengan BI Perwakilan Sulawesi Tengah dalam rangka pengendalian Inflasi.
Gubernur juga menyampaikan bahwa Sulawesi Tengah merupakan daerah yang surflus beras dan juga daerah kita memiliki potensi Pertanian yang sangat baik.

Sehingga Gubernur Sulawesi Tengah bersama Pemda Morowali Utara beberapa waktu yang lalu melakukan penanam Tanaman Cabai dan Tanaman yang cepat panen dan mendorong rakyat untuk cinta menanam tanaman yang cepat panen seperti cabai.
Selanjutnya Gubernur menyampaikan saat ini Sulawesi Tengah mempersiapkan Kawasan Pangan Nasional (KPN) dan Kawasan Perikanan Halal untuk mempersiapkan daerah Sulawesi Tengah sebagai Daerah Penyangga Ibu Kota Negara baru di Kalimantan.
Gubernur menyampaikan dengan kondisi Fiskal yang masih terbatas sehingga dengan kebutuhan Infrastruktur yang sangat terbatas dan tuntutan masyarakat sehingga pemerintah daerah telah melakukan pelelangan atas 8 Ruas Jalan dengan pembayaran dengan Skema Pembayaran Mukti Years.
Selanjutnya Gubernur meminta dukungan dari Wakil Ketua Banggar DPR RI Muhidin Said agar dapat mendorong adanya dukungan Pembangunan Infrastruktur Strategis di Daerah ini untuk meningkatkan distribusi arus barang menuju IKN. bap/red


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update