Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo Sasar Alut Sista TNI AL dan Wisata Bahari

11/09/2022 | 21:11 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-09T14:11:26Z


@lasannews, Surabaya--
 SMP Hang Tuah 5 Candi  Sidoarjo melaksanakan kunjungan ke Koarmada II (09/11/22) dengan sasaran Patung Monjaya dan KRI Yos Sudarso  353 dari jajaran Satuan Kapal Eskorta Koarmada II . Menurut Komandan KRI Yos Sudarso 353  Kolonel Laut (P) Boy Yapy Hamel yang baru 7 bulan menjabat sebagai  Komandan KRI.

 Dalam kunjungannya tersebut siswa SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo melibatkan  231 siswa dan 16 yang dilepas keberangkatannya oleh Kasatdik SMP Hang Tuah 5 Candi Sidoarjo Sumiyati, S.Pd.   Selama kunjungan rombongan KTS  di pimpin  oleh Waka Kurikulum Lilik Handayani, S.Pd dengan 16 guru pendamping.


Menurutnya, sasaran  yang ingin dicapai dalam kunjungan tersebut disamping untuk menunjang pembelajaran kebaharian juga memperkenalkan kepada siswa SMP Hang Tuah 5  akan adanya kekuatan dari TNI Angkatan Laut  KRI Yos Sudarso 353  yang memiliki tugas dan tanggung jawab mengamankan  Laut Juridiksi Nasional Indonesia.  

KRI Yos Sudarso 353  menurut Komandan dengan melati tiga di pundaknya ini memiliki alut sista yang sudah modern, menjadi sasaran kunjungan  bagi siswa siswa SMP Hang Tuah 5 pada Kegiatan Tengah Semester ( KTS)  merupakan  media pembelajaran di luar kelas guna memupuk akan cinta bahari  dan lebih mengenal keberadaan  Koarmada  II dengan jumlah KRI yang sangat banyak dari berbagai typenya. Apalagi  Indonesia adalah negara maritim yang memiliki luas lautannya lebih dari dua pertiga daratan.  Untuk itulah sudah menjadi kewajiban di lingkungan sekolah-sekolah di bawah Yayasan Hang Tuah seluruh Indonesia untuk selalu menanamkan jiwa kebarharian, dimana salah satunya adalah dengan cara melaksanakan karya wisata ke  Koarmada II serta wisata bahari lainnya. 

Seluruh siswa SMP Hang Tuah 5 yang tergabung dalam kunjungan ke Koarmada II  merupakan  siswa  yang saat ini sedang duduk di bangku kelas VII dan kelas VIII,  sehingga mereka dapat dengan mudah memahami apa-apa yang di sampaikan oleh para Perwira KRI dan Bintara KRI yang bertugas menjadi guide.
Keberhasilan kunjungan ke Koarmada II juga tidak lepas dari peran koordinasi Ketua Pengurus  Cabang Surabaya Yayasan Hang Tuah Kolonel Laut (KH) Suryanto Hadiwidodo, S.Si.,M.Pd.,CTMP., CHRMP dengan Pankoarmada II beserta jajarannya.

Kadispotmat Koarmada II  Kolonel Laut (P) Martinus Hary Wibowo serta dalam kesempatan ini menerjunkan  dua guide yang selalu mengawal  Serma Navigasi    Jumeri dan Serda  Bahari Cyntia Citra selama di Koarmada II. 

Mereka sebelumnya ke KRI, siswameliha t dari dekat keberadaan Monumen Patung Jalesveva Jaya Mahe yang sudah tersohor di penjuru dunia , patung ini hampir menyamai ketinggiannya   dengan patung Liberty yang berada di kota New York USA. Di Monumen patung Monjaya para siswa di pertontonkan kemampuan alut sista TNI AL dalam sebuah video yang dikemas dengan menarik sebuah rangkaian visualisasi peperangan laut terbesar dari TNI AL dengan Latihan Armada Jaya, dimana melibatkan seluruh kemampuan  dan kekuatan Alut Sista  yang di miliki oleh TNI AL saat ini. 

Selanjutnya siswa SMP Hang Tuah 5 Candi melanjutkan kunjungan ke WBL(Wisata Bahari Lamongan) yang berada di Kecamatan Paciran Kabupaten Lamongan Jawa Timur.
Seeluruh siswa  SMP Hang Tuah 5 sanngat antusias menikmat semua fasilitas yang berada di WBL antara lain:   beach  playgroun, bird Park, gazebo pantai, mini colombus, sayang bajak laut, istana boneka, caranya car, mini bumper car,  arena pengemudi, kolam renang, planet kaca, galeri kapal dan kebangetan masih banyak lagi yang tidak disebut satu persatu.

Selanjutnya menurut Ketua Panitia KTS kegiatan ini masih akan berlanjut pekan depan denga  melaksanakan kunjungan ke Musium TNI Angakatan Laut Yang berada di Komplek Akademi TNI Angkata Laut Bumimoro Surabaya(yht/dar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update