Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Anggota Bawaslu dan KPU Sulteng Tampil Sebagai Narasumber Pada Kegiatan Sosialisasi Yang Digelar KPU Kabupaten Banggai

2/13/2023 | 18:30 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-13T11:30:50Z


Banggai, AlasanNews.com. Anggota Bawaslu Provinsi Sulawesi Tengah Rasyidi tampil sebagai narasumber pada  kegiatan yang diselenggarakan KPU Kabupaten Banggai yang digelar Senin (13/2-2023) 

Kegiatan itu  bertajuk " sosialisasi pendidikan pemilih, dengan tema Penanganan dan Pencegahan Black Campaign serta Hoaks dalam Pemilihan Umum"

Kegiatan yang berlangsung di salah satu cafe di Kabupaten Banggai itu dibuka langsung  Ketua KPU Kabupaten Banggai Zaidul. Dan moderator  Anggota KPU Kabupaten Banggai Makmur Dg Manesa,

Sementara dalam sambutannya Ketua KPU Kabupaten Banggai  Zaidul menyatakan  kegiatan ini diharapkan dapat menjadi peredam potensi isu-isu hoaks yang beredar di masyarakat saat Pemilu berjalan. 


Selanjutnya  dalam materinya, Rasyidi menyampaikan menggaris bawahi untuk mencegah isu-isu sara, berita Hoaks, diharapkan penyelenggara Pemilu bisa berkolaborasi dengan seluruh stakeholder.  Karena hal itu dinilai sangat penting sebagai langkah koordinasi    yang baik.

Sehingga dengan adanya koordinasi maka tentunya isu-isu maupun berita-berita yang sampai kepada masyarakat dapat terdekteksi oleh jajaran stakeholder di wilayahnya masing-masing, imbuhnya 

Rasyidi  menambahkan seringkali masyarakat terjerat dengan  berita-berita hoaks yang beredar padahal  jika ditelaah, semua berita-berita hoaks yang beredar ini rata-rata isinya terlalu bagus untuk menjadi sebuah kenyataan atau fakta (to good to be true).

"banyak masyarakat sering terjebak dalam berita-berita hoaks karena seringkali berita atau informasi hoaks yang mereka terima adalah informasi yang menyenangkan mereka atau isu-isu yang terlalu bagus untuk jadi kenyataan (to good to be true)" ujarnya.


Selain itu Ketua KPU  Anggota KPU Provinsi Sulawesi Tengah Sahran Raden,  juga menyampaikan materinya. Dalam materinya  Sahran memaparkan terkait tata cara penanganan Black Campaign dan Juga Berita Hoaks.

Sahran  menyebutkan bahwa saat ini modus-modus dari Black Campaign ini sangat banyak dan bervariasi, dan semuanya banyak ditemukan dalam kanal Media sosial, olehnya perlu peran dari penyelenggara Pemilu dan Tokoh-Tokoh masyarakat untuk meredam semuanya.

Kegiatan sosialisasi tersebut, juga dihadiri anggota dan seluruh jajaran termasuk Sekretaris KPU Kabupaten Banggai. 

Selain itu, Kapolres, Ketua Bawaslu, Kaban Kesbangpol, Kadis Kominfo, Akademisi Unismuh dan Untika Luwuk Kabupaten Banggai juga ikut hadir dalam kegiatan tersebut. 

Termasuk diantaranya KNPI, LSM GAM, Paguyuban Lincah, Persatuan Wanita Islam Alkhairat, Tokoh Agama se Kabupaten Banggai, juga ikut menghadiri. 


Penulis: Suleman

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update