Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Satkopaska Koarmada III Selamatkan 12 Penumpag Speed Boat Kandas di Perairan Sorong

5/13/2023 | 15:38 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-13T08:38:18Z


Sorong, alasannews com.- Kapal Speed Giant Traveling Pertamina dengan rute pelayaran dari pertamina Kasim menuju Sorong kandas di perairan Kasim, Sorong, Papua Barat Daya. Tim SAR Satuan Komando Pasukan Katak (Satkopaska) Koarmada III dan KAL Wayag melakukan evakuasi para penumpang dan menarik kapal speed tersebut. Sabtu (13/06/23).

Evakuasi dilakukan secara hati-hati karena lokasi kandasnya kapal itu berada di kedangkalan dan kapal tersangkut ranting-ranting pohon. Adapun perairan pulau Kasim, tempat Speed Giant Travelling Pertamina kandas, masuk dalam wilayah Sorong, Papua Barat Daya.


Dari informasi yang diterima Satkopaska Koarmada III dengan adanya Sqpeed Boat Pertamina yang kandas di sekitar perairan Kasim, Komandan Satkopaska Koarmada III Letkol Laut (P)  Robinson H. Etwiory setelah melaporkan ke Panggkoarmada III  segera memerintahkan menyiapkan personel dan material untuk segera bergerak melaksanakan bantuan SAR. 

Setelah sekitar kurang lebih 30 menit bergerak menuju lokasi, G7 Satkopaska dengan 6 orang personel berhasil menemukan lokasi kandas kapal. Dengan sigap mereka langsung memberikan pertolongan kepada penumpang dan ABK kapal tersebut. 12 orang berhasil diselamatkan yang terdiri dari 2 ABK dan 10 orang penumpang. 10 penumpang dievakuasi menuju ke dermaga Pertamina Kasim menggunakan G7 Satkopaska dan 2 ABK kapal  tetap berada di Speed Giant Traveling yang masih kandas.

Sedangkan untuk penarikan kapal dari kedangkalan yang tersangkut pepohonan,  Koarmada III menggerakkan KAL Wayag dari Satrol Lantamal XIV Sorong menuju lokasi kandasnya kapal. Penarikan dilakukan dengan sangat hati-hati karena dikhawatirkan akan terjadi robek pada badan kapal. Setelah upaya penarikan dilakukan dengan hati-hati akhirnya kapal dipastikan dalam kondisi baik dan tidak mengalami kebocoran.

Ditempat terpisah, Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Agus Hariadi memberikan apresiasi atas kesiapsiagaan Satkopaska Koarmada III dan unsur-unsur Koarmada III yang selalu siap dan tanggap diterjunkan untuk melaksanakan operasi, baik operasi SAR maupun operasi-operasi lainnya yang membantu meringankan kesulitan masyarakat di wilayah kerja Koarmada III.

Kadispen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update