Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Padukan Mental dengan fisik maksimal, Taruna AAL Jalani Test Kesegaran Jasmani

6/20/2023 | 06:44 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-20T02:34:34Z


Surabaya, Alasannews.com
Taruna Akademi Angkatan Laut (AAL)Tingkat II, III dan IV jalani test Kesegaran Jasmani (Garjas) di Stadion Jala Krida Mandala, Kesatrian AAL, Bumimoro, Surabaya, Senin (19/6).

Test kesegaran jasmani ini merupakan perintah Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi yang wajib dilaksanakan secara rutin untuk mengukur kemampuan fisik para Taruna AAL.

Tepat pukul 06.00 para Taruna telah siap digaris start lintasan stadion Jala Krida Mandala, yang sebelumnya dipastikan kondisi kesehatannya memenuhi syarat untuk mengikuti test Garjas, seperti tensi darah, cek suhu tubuh dan persiapan lainnya.
 
Dalam test kesegaran jasmani setiap Taruna AAL wajib melaksanakan tahapan test baterai ‘A' berupa berlari selama 12 menit. Hal ini membutuhkan penguasaan diri baik mental yang dipadukan dengan kemampuan fisik maksimal yang dimiliki, sehingga dapat meraih jarak yang maksimal namun tidak melebihi batas kemampuan individu yang dapat berakibat fatal.

Usai pelaksanaan baterai ‘A',  dilanjutkan para Taruna melaksanakan baterai ‘B', yang meliputi test pull up, sit up, push up dan shutle run masing-masing dilaksanakan selama 1 menit secara berlanjut dari materi satu ke materi lainnya. Tahapan test Garjas selanjutnya adalah para Taruna melaksanakan ujian renang di kolam renang Jala Krida Tirta AAL yang terletak tidak jauh dari stadion Jala Krida Mandala.

Dalam test garjas, untuk mencapai hasil yang maksimal tidak dapat dicapai dalam waktu yang singkat, sehingga program pembinaan fisik Taruna AAL terus dilaksanakan secara rutin berjenjang, bertingkat dan berlanjut, dibawah pembinaan Departemen Jasmani AAL.

Test Garjas Taruna AAL kali ini ditinjau langsung oleh Gubernur AAL Mayjen TNI (Mar) Endi Supardi beserta Wagub AAL Laksma TNI Dato Rusman SN., Seklem AAL Laksma TNI Ni Ketut Prabhawati dan seganap Pejabat Utama AAL.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update