Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pesawat udara TNI AL laksanakan sar kecelakaan kapal di perairan pulau Fani Papua Barat Daya

8/16/2023 | 05:59 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-15T22:59:21Z


TNI AL/Koarmada III, ALASANnews.com.--Pesawat Udara (Pesud) TNI AL CN-235 P-8305. BKO Koarmada III diterjunkan untuk melaksanakan SAR terhadap kecelakaan/ kebakaran KM. Dewata Samudera III di perairan Pulau Fani, Raja Ampat, Papua Barat Daya. Selasa (15/08/23).

Adapun kapal ikan KM. Dewata Samudra III yang bermuatan 41 orang sebelumnya hilang kontak di perairan Pulau Fani, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya, menurut informasi Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas A Sorong KM. Dewata Samudra III melakukan pelayaran dari Bitung menuju utara Supiori.

Berdasarkan hasil koordinasi dan permintaan bantuan dari Kakansar Sorong tersebut Koarmada III menyiapkan unsur-unsur KRI dan Pesud untuk bergerak menuju lokasi kecelakaan/ kebakaran KM. Dewata Samudera III di perairan pulau Fani untuk memberikan bantuan dan pertolongan.


Selain melibatkan unsur-unsur Koarnada III, keberadaan Pos TNI Angkatan Laut di pulau Fani dan sejumlah pihak juga turut andil bersinergis dalam membantu korban kecelakaan/ kebakaram kapal tersebut.

Berdasarkan hasil deteksi Pesud TNI AL CN-235 P-8305 ke lokasi kejadian terlihat KM. Dewata posisi masih terapung dan sebagian badan kapal terbakar, dan hasil komunikasi radio antara Pesud dengan kapal SAR KN Baladewa dan MT. Stena yang paling dekat berada di lokasi kejadian, dapat diketahui bahwa 41 ABK KM. Dewata sudah dievakuasi oleh KM. Sinar laut, sedangkan MT. Stena hanya memberikan pendampingan dan suplai makanan serta minuman ke ABK KM. Dewata yang onboard di KM. Sinar Laut.

Kegiatan SAR yang dilakukan unsur Koarmada III tersebut merupakan implementasi perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali.

Kasal memerintahkan kepada prajuritnya untuk berperan aktif dan bergerak cepat dalam mendukung kegiatan atau membantu meringankan penderitaan bagi rakyat di sekitarnya.

Sementara Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengatakan bahwa Koarmada III dan jajaran bersama unsur-unsur KRI siap melaksanakan tugas dalam Operasi Militer Selain Perang (OMSP) sehingga keberadaan Koarmada III akan bermanfaat bagi Masyarakat di wilayah Papua dan sekitarnya.

Kadispen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update