Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Panglima Koarmada III Tingkatkan Sinergitas TNI-Polri dan Pemerintah Daerah serta Komponen Masyarakat Papua Barat Daya

9/05/2023 | 18:31 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-05T11:31:20Z


ALASANnews --  Panglima Koarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi mengajak instansi TNI-POLRI, Pemerintah Daerah Provinsi Papua Barat Daya serta seluruh komponen masyarakat di wilayah kota Sorong bersama-sama melaksanakan program kali bersih. Selasa (05/09/23).

Kegiatan yang dicanangkan oleh TNI AL secara serentak di 78 lokasi di seluruh Indonesia ini di pusatkan di kali Cilincing, Jakarta Utara. Sedangkan kegiatan pembersihan kali di wilayah Sorong oleh Koarmada III dilaksanakan di bantaran Sungai Remu, Sorong, Papua Barat Daya sepanjang 2,3 KM.

Tidak tanggung-tanggung, sebanyak 1000 orang personel yang terdiri dari TNI-Polri, Instansi Pemerintah dan Masyarakat serta Mahasiswa/Pelajar dilibatkan dalam pelaksanaan pembersihan bantaran kali Remu yang melintasi jantung kota Sorong ini.

Aktifitas mobil truk sampah terus menerus  mengangkat sampah yang terkumpul, dimana sebagian besar sampah merupakan limbah rumah tangga berupa plastik dan bahan yang sulit terurai di air telah berhasil dikumpulkan oleh Instansi yang terlibat dalam aksi bersih-bersih tersebut diantaranya adalah  Koarmada III, Pemerintah Kota Sorong, Pasmar-3, Kodim 1802, Batalion RK 762, Batalion Zipur 20, Ditpolair PBD, Polresta Sorong, Polres Kab Sorong, Kansar Sorong, Poltek KP, Poltekpel, Relawan Unimuda, Aktivis Pencinta Lingkungan dan masyarakat serta nelayan bantaran Sungai Remu.

Selain menurunkan personel, beberapa instansi yang memiliki sarana peralatan apung dan peralatan lainnya juga bahu-membahu mendukung suksesnya kegiatan ini. Koarmada III menyiapkan 4 unit perahu karet, Ditpolairud 2 unit perahu karet, Kansar Sorong 2 unit perahu karet. Sedangkan masyarakat nelayan menggunakan 30 unit Long Boat yang dimilikinya dan Dinas Kebersihan Kota Sorong menyiapkan 3 unit Dump Truck untuk mengangkut sampah yang berhasil dikumpulkan dari bantaran kali Remu.

Panglima Koarmada III mengatakan bahwa kegiatan ini terwujud karena adanya sinergitas antara unsur TNI-POLRI dan Pemerintah Daerah serta komponen Masyarakat dalam menjaga dan melestarikan lingkungan di wilayah Sorong.

Mari kita tumbuhkan kesadaran dan tanggung jawab masyarakat untuk mengendalikan pencemaran lingkungan dengan membuang sampah pada tempatnya, imbuh Panglima.

Kadispen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update