Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringati HUT TNI AL Ke-78, Lanal Denpasar Gelar Bersih-bersih Sungai dan Laut

9/07/2023 | 07:18 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-07T00:18:20Z


ALASANnews. com -- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun TNI Angkatan Laut ke-78 Tahun 2023, kali ini Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Denpasar menggelar kegiatan  Program Kali Bersih (Prokasih) Nasional yang dilaksanakan di Sungai Badung Gang Lestari, Desa Pemogan Kecamatan Denpasar Selatan Kota Denpasar, (05/09/2023).

Tema yang diangkat pada kegiatan bersih-bersih sungai ini adalah “Dengan Semangat Jalesveva Jayamahe Terus Melaju Untuk Indonesia Maju” secara serentak dilaksanakan juga di 78 Satkowil dan Nonsatkowil TNI AL. Di Bali sendiri khususnya Lanal Denpasar didukung oleh Unsur TNI/Polri, Pemerintah Provinsi Bali, Unsur Maritim Pelabuhan Benoa, Komunitas Lingkungan setempat serta masyarakat.

Pada pelaksanaannya Program Kali Bersih Nasional yang dilaksanakan oleh Lanal Denpasar tidak hanya tertuju pada pembersihan di sungai saja, melainkan melaksanakan bersih-bersih sampah dari mulai hulu Sungai Badung hingga menuju laut yaitu sampai dengan Pelabuhan Benoa.  Kegiatan ini sudah dilaksanakan selama 5 hari dari hari Jum’at 01 September 2023 sampai dengan puncaknya yaitu hari ini Selasa 05 September 2023. Hal ini sejalan dengan perintah Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Muhammad Ali, bahwa kegiatan Program Kali Bersih dilaksanakan guna mendukung program pemerintah dalam mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan hidup di sepanjang daerah aliran sungai dari hulu ke hilir.

Sementara itu, kepala Staf Angkatan Laut pada saat vicon memberikan arahan kepada seluruh jajaran, yang mengatakan bahwa dengan banyaknya manfaat yang dapat diambil dari keberadaan sungai maka sudah selayaknya kita untuk menjaga keberlangsungan ekosistem sungai sebagai tanggung jawab kita bersama untuk melestarikan warisan alam yang tak ternilai, atas dasar kemanusiaan tersebut TNI Angkatan Laut terpanggil untuk mendukung program pemerintah dalam mewujudkan peningkatan kualitas lingkungan hidup disepanjang daerah aliran sungai dari hulu ke hilir.

Disisi lain Palaksa Lanal Denpasar Mayor Laut (P) I Gde Padang Suryawan mewakili Komandan Lanal Denpasar selaku penggerak langsung dilapangan mengatakan kegiatan Prokasih ini dilaksanakan dengan tujuan untuk membersihkan sungai-sungai dan bibir pantai Pelabuhan Benoa dari sampah, selain itu juga untuk mengajak dan meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan dan kelestarian lingkungan terutama di sungai.

“Kita bersama-sama dengan masyarakat harus menjaga kebersihan dan kelestarian lingkungan, terutama dimulai dari sungai karena sampah-sampah yang ada di sungai jika tidak dibersihkan lama-lama akan bermuara ke laut dan dapat membahayakan makhluk hidup yang ada di laut”. Tegas Palaksa Lanal Denpasar.

Turut hadir dalam kegiatan Prokasih diantaranya Kadis Lingkungan Hidup Kota Denpasar, Ketua Cabang 10 Korcab V DJA II beserta Pengurus Jalasenastri, Perwira Staf Lanal Denpasar, Perwakilan Pejabat TNI/Polri, Unsur Maritim Pelabuhan Benoa, Komunitas Lingkungan, Saka Bahari Lanal Denpasar serta masyarakat setempat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update