Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Railway Police Award 2023 Ajang Bersikap Dan Bertindak Petugas Polsuska

9/09/2023 | 08:13 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-09T01:13:31Z
 
                                           Surabaya,Alasannews.com - Sebanyak lima puluh  perwakilan Polisi Khusus Kereta Api (Polsuska) dari seluruh wilayah kerja PT. KAI (Persero), yaitu 9 Daerah Operasi di Pulau Jawa dan 4 Divisi Regional di Sumatera mengikuti Railway Police Award (RPA) 2023 yang diselenggarakan di kantor KAI Daop 8 Surabaya Jawa Timur.

Manajer Humas KAI Daop 8 Surabaya Luqman Arif, Sabtu kemarin (08/09/2023) melalu via WhatsApp mengatakan kepada media ini.

Dijelaskan Luqman kegiatan dilaksanakan selama 3 hari, terhitung mulai Rabu (06/09) hingga jumat (08/09). Para petugas Polsuska mengikuti kompetisi dalam kegiatan RPA 2023 yang terdiri dari 3 kategori, yaitu Kategori Pengamanan Jalur KA, Kategori Pengelolaan Lost and Found, dan Kategori Pengamanan Operasi KA.

Luqman Arif, menjelaskan jika acara Railway Police Award 2023 ini merupakan sebuah ajang untuk melatih dan meningkatkan kemampuan baik secara teori maupun praktek bagi petugas Polsuska, selain itu juga sebagai sarana berbagi pengalaman selama bertugas dari masing-masing wilayah kerja KAI.

Setiap daerah memiliki karakter masyarakat, budaya yang berbeda, dan cara menangani masalah yang berbeda. Ini merupakan kesempatan untuk berbagi pengetahuan permasalahan dan solusi penyelesaiannya. "Kegiatan ini rutin dilakukan tiap tahunnya dan berganti tempat penyelenggaranya," tambah Luqman.

Selain mempertontonkan kemampuan beladiri karate secara perorangan maupun beladiri karate secara beregu, seluruh peserta juga diharuskan mempresentasikan kemampuan pemahaman pengetahuan Standard Operasional Prosedure (SOP) saat berdinas. 

Kemampuan cara penyampaian dan pemahaman aturan ini penting, karena Polsuska merupakan bagian dari frontliner yang berinteraksi langsung dengan pelanggan, masyarakat, para tokoh masyarakat, hingga pejabat di tingkat kewilayahan. 

Sementara itu, kompetisi beladiri juga dihadirkan sebagai bentuk apabila petugas dihadapkan pada situasi yang membutuhkan tindakan represif, seperti berhadapan pelaku kriminal diatas KA, di stasiun, maupun di jalur KA, yang membutuhkan kemampuan beladiri yang mumpuni.

Dalam kegiatan Railway Police Award 2023, KAI menghadirkan dewan juri profesional dibidangnya yang akan melakukan penilaian para peserta. Dimulai dari juri internal KAI, dan dari Dewan Guru INKAI Ir. Wahyudi, serta perwakilan Pengurus Pusat INKAI.

Secara penjurian, juara umum pada kegiatan Railway Police Award 2023_ ini, diraih oleh Daop 8 Surabaya. Dan berikut adalah para pemenang penghargaan Railway Police Award 2023 sesuai kategori :

1. Kategori Pengamanan Jalur KA
Juara 1 : Daop 8 Surabaya
Juara 2 : Daop 6 Yogyakarta
Juara 3 : Daop 5 Purwokerto

2. Kategori Pengelolaan _Lost and Found_
Juara 1 : Daop 8 Surabaya
Juara 2 : Daop 5 Purwokerto
Juara 3 : Kantor Pusat

3. Kategori Pengamanan Operasi KA
Juara 1 : Daop 2 Bandung
Juara 2 : Daop 8 Surabaya
Juara 3 : Daop 5 Purwokerto

"Railway Police Award 2023 dilaksanakan tidak lain untuk membangun moril dan mental petugas Polsuska sebagai garda terdepan dalam menjaga keamanan dan keselamatan di lingkungan KAI," pungkas Luqman Arif. (Fendy's).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update