Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Trans Sulawesi Menyatukan Nadi Ekonomi Logistik Memacu Pertumbuhan Ekonomi Daerah

9/17/2023 | 13:17 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-17T06:35:27Z


ruas
Ruas Jalan Trans Sulawesi Palu Makassar di wilayah Mamuju Sulbar Terus dibenahi untuk kenyamanan pengguna transportasi darat.


Catatan Perjalanan Palu, Mamuju, Makassar Pergi Pulang

Perjalanan kali pertama saya melintasi jalur Trans Sulawesi Palu, Mamuju, Makassar dengan kendaraan mobil bus eksekutif klas PO Bolrindo benar menjawqb teka teki cerita orang bahwa jalur trans sulawesi Palu, Mamuju, Makassar dapat dilintasi cukup 20 jam.

Ternyata hal ini benar, bahwa program pemerintah Kementerian PUPR Ditjen Bina Marga memantapkan jalur trans sulawesi sebagai nadi logistik guna memacu pertumbuhan ekonomi daerah di Pulau Sulawesi sudah sangat memadai dan sangat begitu penting. 

Jalan ini juga akan mempermudah akses masyarakat ke berbagai sumber daya alam, sehingga akan meningkatkan produksi pertanian, pertambangan, dan pariwisata. Terlebih guna meningkatkan pemerataan pembangunan disemua bidang sehingga akan mengurangi kemiskinan.

Menggunakan kendaraan darat salah satu transportasi alternatif bagi warga di Pulau Sulawesi selain melalui transportasi udara.

Perjalanan gunakan transportasi darat dari Terminal angkutan umum Tipo Kota Palu tepat pukul 10.00 Wita menuju home bus PO Borlindo Talasa City Makassar Sulawesi Selatan membutuhkan waktu 24 jam. Mobil Bus Eksekutif PO Borlindobmeluncur dengan mulus dan nyaman, di jalur Trans Sulawesi yang sudah terbenahi dan kondisi jalan aspal HRS (Hot Rolled Sheet). Karena mulusnya jalan tak terasa sekitar pukul 12.00 Wita mobil bus Eksekutif yang saya tumpangi telah sampai ditempat makan RM Pare-Pare wilayah Pasang Kayu Sulbar

Dari pemantauan penulis, bukan hanya bus penumpang angkutan umum atau mobil pribadi yang melintasi poros jalan ini. Tetapi sejumlah kendaraan mobil truck angkutan barang yang jumlahnya cukup banyak terus melintasi jalur Trans Sulawesi ini. Mobil truck ukuran 10 roda ini mengangkut logistik kebutuhan masyarakat.

Setelah memasuki wilayah Sulawesi Barat, mulai dari perbatasan Kabupaten Donggala Sulteng dan Kabupaten Pasang Kayu Sulbar, mobil bus saya tumpangi berjalan dengan mulus dengan kecepatan normal dan sepanjan jalan nampak ratusan hektar tambak ikan air payau dan tambak udang vaname. Begitupun poros jalan dari Pasang Kayu ke Karosa terbentang ribuan hektar perkebunan sawit milik sejumlah perusahan dan itu hingga melintasi wilayah Kabupaten Mamuju, dan jelang subuh kami memasuiki wilayah Sulawesi Selatan. 

Tapi dari pengamatan saya ruas jalan Trans Sulawesi dari wilayah Ganti Donggala sampai memasuki wilayah Kabupaten Pasang Kayu Sulbar ruas jalan sudah mulus dan membuat pebumpang kendaraan bus angkutan umum merasa nyaman.

Membenahi ruas jalan Trans Sulawesi sebagai nadi perekonomian logistik diwilayah Sulawesi menurut Kepala BPJN XIV Sulteng Arief Hidayat bahwa tahun 2024 kondisi jalan Trans Sulawesi lebih khusus di wilayah Sulawesi Tengah sudah lebih baik.

Dalam perjalan balik Makassar ke Palu sopir bus eksekutif PO Borlindo mengakui kalau jalan trans Sulawesi Palu-Makassar lewat Kabupaten Mamuju sudah sangat baik dan mulus sehingga penumpang tetasa nyaman.

Sopir ini bercerita kalau dia dulu pernah jadi sopir bus angkutan umum melintasi trans Sulawesi Palu, Gorontalo, Manado.

"Maaf pak saya sopir lewati poros jalan Palu Mamuju Makassar, sangat beda jauh saat ketika saya sopir  melintasi poros Palu Manado terlalu banyak setoran ke oknum petugas, semoga saat ini sudah tak ada lagi" katanya.

Tercatat sejumlah perusahan transportasi darat PO bus angkutan antar kota antar provinsi dari kota Makassar ke sejumlah daerah cukup banyak dengan berbagai fasilitas eksekutif terbaik sebab telah didukung sarana prasarana jalan Trans sulawesi jalan mantap.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update