Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dijadwalkan Pemprov Sulteng Canangkan Seribu Megalit 10 Oktober 2023

10/08/2023 | 11:01 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-09T11:54:34Z



Penulis Suleman Dj. Latantu 


Palu, AlasanNews Com  Pencanangan Sulawesi Tengah sebagai Negeri 1000 Megalit adalah sebuah lompatan besar dalam konsep pemikiran yang kemudian bisa menjadi sebuah tonggak kesejahteraan bagi masyarakat setempat.




Hal ini dikemukakan oleh Dosen Antropologi Universitas Tadulako, Muhammad Marzuki
dalam wawancara bersama Dinas Komunikasi, Informatika, Persandian dan Statistik (DKIPS) Provinsi Sultengdi Kampus Untad.


Dikutif dari Butol Pos Marzuki menjelaskan, dalam prespektif ilmu pengetahuannya situs megalit ini merupakan sebuah refleksi peradaban masa lalu yang kemudian memberikan nuansa pandangan baru.

“Megalit ini adalah simbol peradaban yang bisa menghubungkan masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang,” kata Marzuki, Selasa, (11/7/2023).




Lebih lanjut ia menjelaskan bahwa pencanangan ini akan membuat Sulawesi Tengah tidak hanya dikenal sebagai daerah penambangan dan ekonomi. Namun dikenal pula sebagai daerah yang mempunyai peninggalan megalitikum, yang merupakan peninggalan peradaban masa lalu yang luar biasa.


Menurutnya, 1000 Megalit tidak berarti sebagai angka material yang jumlah megalitnya ada 1000, namun ini adalah pesan sebuah kebesaran dan kehadiran peradaban yang luar biasa, yang akan melahirkan banyak aktivitas, kemudian berdampak pada kesejahteraan masyarakat.

Terakhir, ia berharap agar semua pemangku kepentingan dan seluruh masyarakat Sulteng terlibat bersama-sama dan melihat ini sebagai sebuah lompatan yang luar biasa, sehingga nantinya bisa melahirkan sebuah kegiatan misalnya, Festival Megalit sekaligus mengekspos hal-hal yang berkaitan dengan corak dan ragam budaya lokal serta ekonomi masyarakat setempat.


"Sekali lagi ingin saya katakan bahwa ini sebuah peninggalan peradaban besar yang harusnya kita lestarikan, dijaga keberadaannya dengan harapan, bisa membawa kesejahteraan masyarakat di Sulawesi Tengah," tutup Marzuki.***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update