Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lanal Banyuwangi Gelar Pertunjukan Wayang Kulit

10/09/2023 | 07:06 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-09T00:06:26Z


ALASANnews.com  --  Dalam rangka memeriahkan HUT TNI Ke-78 Tahun 2023, Pangkalan TNI AL (Lanal) Banyuwangi menggelar Pertujukan Wayang Kulit dengan lakon "Bimo Krido"  yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Lanal Banyuwangi Jl. Raya Situbondo No. 54 Ketapang Banyuwangi, (06/10/23).

Pagelaran Wayang Kulit ini selain untuk memperingati HUT TNI ke-78 juga akan memecahkan rekor MURI yang akan diberikan kepada TNI atas terselenggaranya pagelaran wayang kulit secara serentak di 78 lokasi. 

Dimana Lokasi tersebut adalah 1 titik dilaksanakan di Mabes TNI yang dipimpin langsung oleh Panglima TNI, 74 titik tersebar dari Sabang-Merauke yang dipimpin oleh Pangkotama atau Komandan kewilayahan masing-masing dan yang salah satunya adalah di ufuk timur tanah Jawa yaitu Banyuwangi. 3 titik lainnya tersebar di Amerika Serikat, Suriname dan Malaysia. 78 lokasi tersebut sebagai wujud dari 78 tahun pengabdian TNI kepada Bangsa dan Negara Indonesia.

Rangkaian acara diawali dengan penyerahan secara simbolis wayang kulit oleh Danlanal Banyuwangi Letkol Laut (P) Indra Nusha R, kepada Dalang Ki Yuwono Lebdo Carito menandai dimulainya pagelaran wayang kulit semalam suntuk.

Dalam sambutanya Danlanal Banyuwangi menyampaikan "saya merasa bangga dan bahagia atas terselenggaranya pagelaran wayang kulit ini, karena pagelaran wayang kulit ini tidak hanya merupakan upaya menjaga atau melestarikan budaya warisan leluhur kita, namun juga merupakan upaya untuk mengajarkan dan menanamkan nilai-nilai moral serta adat ketimuran yang mungkin pada saat ini sudah mulai ditinggalkan oleh generasi muda dan tergerus oleh perkembangan dan kemajuan teknologi yang tidak dapat kita tolak kehadirannya di tengah-tengah kehidupan kita", ungkapnya.

Lebih lanjut Danlanal Banyuwangi menambahkan bahwa pagelaran wayang kulit ini merupakan yang pertama kali dilaksanakan di Mako Lanal Banyuwangi semenjak berdirinya Lanal Banyuwangi pada Juli 1971.

Turut hadir dalam acara tersebut Wakil Bupati Kabupaten Banyuwangi H. Sugirah, S.Pd., M.Si, beserta jajaran Forkopimda Banyuwangi, Ketua Cabang 6 Korcab V DJA II Ny. Wiwit Indra Nusha beserta pengurus, Unsur Maritim Banyuwangi, Prajurit TNI/Polri, tokoh adat, budayawan, serta masyarakat umum yang ada di Kabupaten Banyuwangi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update