Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Rapat Paripurna DPRD, Jawaban Bupati Atas Pandangan Umum Fraksi

10/25/2023 | 18:05 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-25T11:05:34Z


TOLITOLI, alasannews - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Tolitoli menyelenggarakan Rapat Paripurna dalam rangka penjelasan Bupati atas Pandangan Umum Fraksi-fraksi DPRD terhadap Pengantar Nota Keuangan Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD Kabupaten Tolitoli Tahun Anggaran 2024, yang berlangsung di Ruang Sidang Suwot Lipakat DPRD Tolitoli pada (Rabu, 25-10/2023).

Bupati Tolitoli Hi. Amran Hi. Yahya yang hadir pada kegiatan ini mengawali sambutannya dengan menyampaikan terima kasih kepada seluruh fraksi DPRD Kabupaten Tolitoli atas kritikan, saran maupun tanggapannya dalam membahan Ranperda yang telah disampaikan pada Tanggal 23 Oktober lalu. 

Bupati Tolitoli mengatakan," t
Terdapat sejumlah pandangan fraksi yang memiliki semangat yang sama yakni, komitmen untuk memprioritaskan belanja mendesak serta mendorong peningkatan pendapatan daerah pada tahun 2024.
Selanjutnya Bupati memberi tanggapan atas saran dan masukan dari fraksi-fraksi partai yakni, 
- Fraksi Golkar, Pemerintah Daerah sepakat dengan saran dan masukannya bahwa penanganan kemiskinan menjadi fokus dalam pembangunan sumber daya manusia melalui pembangunan kesehatan, pendidikan dan peningkatan lapangan kerja bagi seluruh lapisan masyarakat di Kabupaten Tolitoli. Demikian juga terhadap fasilitas rumah untuk saksi dan korban kekerasan terhadap perempuan dan anak akan menjadi perhatian Pemerintah Daerah.
- Fraksi Amanat Perjuangan, Pemerintah Daerah berupaya untuk meningkatkan kebersihan melalui dinas teknis dan mendorong partisipasi  seluruh masyarakat untuk meningkatkan kebersihan lingkungan masing-masing melalui semangat gotong royong.
- Fraksi Nurani Indonesia Raya, Demokrat, Bulan Bintang dan Fraksi Partai Keadilan Sejahtera, Pemerintah Daerah akan mengupayakan anggaran belanja tidak terduga sesuai dengan kemampuan keuangan Pemerintah Daerah.
- Fraksi Nasdem, Partai Keadilan Sejahtera dan Fraksi Partai Bulan Bintang, pada kesempatan ini Bupati sampaikan bahwa beberapa dari kegiatan yang diusulkan ketiga fraksi tersebut telah dimasukkan dalam KUA dan PPAS Tahun 2024 serta Rancangan APBD Tahun 2024.
- Fraksi Amanat Perjuangan, Golkar, Nurani Indonesia Raya, dalam rangka meningkatkan kinerja Pegawai Negeri Sipil dilingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, pemberian Tunjangan Penghasilan bagi Pegawai (TPP) menjadi prioritas Pemerintah Daerah dan harus dibarengi dengan peningkatan pelayanan kepada masyarakat.
- Fraksi Amanat Perjuangan dan Fraksi Demokrat, pembayaran utang kepada pihak ketiga merupakan kewajiban Pemerintah Daerah yang harus diselesaikan, namun dalam pengalokasian anggarannya tetap memperhatikan beberapa belanja prioritas pembangunan yang sangat mendesak dan perlu disediakan pada Tahun 2024.
Berkaitan dengan penyediaan Anggaran Dana Hibah untuk pemilukada serentak tahun 2024, Pemerintah Daerah akan mengalokasikan anggaran tersebut sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan daerah. Demikian pula pembangunan jembatan salu Kelurahan Nalu menjadi prioritas dalam penganggaran tahun 2024," Jelas Hi.Amran.Hi Yahya. 

Lanjut Bupati mengatakan," Pemerintah Daerah terus berupaya untuk mengurangi angka kemiskinan dan peningkatan pendapatan masyarakat, meningkatkan kesejahteraan tenaga pendidik khususnya guru bantu daerah,  optimalisasi dan pemberdayaan BUMD yang berkontribusi terhadap Pendapatan Asli Daerah.
Diakhir sambutannya Bupati Tolitoli mengatakan, sangat menyambut baik persetujuan anggota dewan untuk membahas Rancangan Peraturan Daerah tentang APBD tahun anggaran 2024, Bupati percaya bahwa kewajiban konstitusional ini dapat diselesaikan secara tepat waktu sesuai dengan jadwal yang telah ditetapkan," Tutup Bupati Tolitoli.

Hadir pada rapat tersebut, Ketua DPRD Tolitoli bersama sejumlah anggota, Sekretaris Daerah Moh. Asrul Bantilan, S.Sos, Asisten Pemerintahan dan Kesra Moh. Dzikron, SH., M.Si, sejumlah Pejabat Struktural Pemerintah Daerah Kabupaten Tolitoli, serta rekan-rekan media..*** WAHYU ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update