Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Satgas TMMD Ke-118 Kodim 1305/BT Gelar Kegiatan Non Fisik. (Posbindu)

10/16/2023 | 14:27 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-16T07:27:45Z




Tolitoli, Sulteng – Satgas TMMD 118 Kodim 1305/BT mengelar kegiatan Non fisik Pos Pembinaan Terpadu (Posbindu) Penyakit Tidak Menular (PTM) merupakan peran serta masyarakat dalam melakukan kegiatan deteksi dini dan pemantauan faktor resiko PTM utama yang dilaksanakan secara terpadu, rutin dan periodik.

Kegiatan non fisik tersebut bekerjasama dengan Puskesmas Kecamatan Dakopemean, yang di gelar di Aula Kantor Lurah Galumpang, Kec. Dakopemean. Senin (16/10/2023).

Tujuan Posbindu PTM adalah meningkatkan peran serta masyarakat dalam pencegahan dan penemuan dini faktor risiko Penyakit Tidak Menular (PTM).

Kegiatan penyuluhan yang dihadiri puluhan masyarakat tersebut, diharapkan dapat sesegeranya dilakukan pencegahan faktor risiko PTM sehingga kejadian PTM di masyarakat dapat ditekan.

Sasaran utama adalah kelompok masyarakat sehat, berisiko dan penyandang PTM berusia 15 tahun ke atas.

Selain melakukan Penyuluhan, Posbindu PTM ini juga melakukan pemeriksaan deteksi dini faktor risiko yang dilakukan dengan wawancara terarah melalui penggunaan instrumen atau formulir untuk mengidentifikasi riwayat penyakit tidak menular dalam keluarga yang telah diderita sebelumnya.

Pengukuran berat badan, tinggi badan, lingkar perut, Indeks Massa Tubuh (IMT), analisa lemak tubuh, pemeriksaan tekanan darah.

Selanjutnya, pemeriksaan gula darah, kolesterol total, trigliserida, pengukuran arus puncak ekspirasi (APE) serta konseling. ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update