Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Budayakan Germas Untuk Sulteng Lebih Sejahtera

11/17/2023 | 12:51 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-17T05:51:07Z


Palu, ALASAN -- Edukasi tentang pentingnya Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) harus terus digalakkan agar membudaya di Sulteng.

Pesan ini disampaikan Sekprov Dra. Novalina, M.M selaku Ketua Tim Germas Provinsi Sulteng sekaligus mewakili Gubernur Rusdi Mastura pada pembukaan Rakor dan Evaluasi Germas Tingkat Provinsi Sulteng Tahun 2023 di hotel Jazz, Jum’at (17/11).

Pertemuan diikuti lebih kurang 40 peserta berasal dari Bappeda, Dinas Kesehatan, Biro Kesejahteraan Rakyat dan stakeholder terkait.

“Semoga teman-teman tim dapat merumuskan strategi dan cara-cara untuk mengatasi kendala dan meningkatkan Germas di 2024 supaya betul-betul membudaya,” ujar sekprov berpesan.

Sekprov Novalina menegaskan bahwa Germas terdiri dari 7 langkah mudah untuk menjaga kesehatan tubuh. 

Dari ketujuh langkah ada 3 langkah prioritas yang mesti didahulukan yakni rajin melakukan aktivitas fisik minimal 30 menit sehari, mengonsumsi buah dan sayur, dan memeriksakan kesehatan tiap sebulan sekali.

“Kalau ada yang tidak dilakukan rasanya ada yang hilang dari kehidupan kita,” tambahnya mengingatkan.

Lanjutnya lagi jika Germas sukses diinternalisasi maka perilaku-perilaku hidup yang tidak sehat seperti merokok akan dijauhi masyarakat.

“Dampaknya akan muncul rasa malu dengan sendirinya bila tetap merokok di tempat umum dan tempat kerja,” sebut Sekprov Novalina jika Germas sudah membudaya.

Selain itu biaya pengobatan akan semakin terpangkas karena kesehatan masyarakat sudah jauh meningkat.

“Kalau masyarakat sehat, produktivitas tinggi. Kalau produktivitas tinggi, pertumbuhan ekonomi ikut tinggi dan kesejahteraan makin meningkat,” sebutnya optimis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update