Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menelisik Perjalanan Karier Birokrat Muda Syarif Pusadan SH, M.Si

12/08/2023 | 08:24 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-08T01:24:55Z

syarif
Syarif Pusadan SH Msi



Penulis : Suleman Latantu 


Buol, AlasanNews com.  Sosok pejabat yang satu ini tentu tidak asing lagi  bagi seluruh  ASN  di lingkungan  Pemerintah Kabupaten Buol dan masyarakat pada umumnya.

Adalah Syarif Pusadan SH.M.Si, Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah Kabupaten Buol. 

Debut Karier, pengabdian dan pengalaman kerjanya  sebagai Aparatur Sipil Negara khususnya di lingkup Pemerintah Kabupaten Buol boleh dibilang cukup spektakuler. 

Bayangkan selama  menjalankan organisasi  pemerintahan di Kabupaten Buol, putra Buol  kelahiran Toli Toli 18 Agustus 1971 ini sudah beberapa kali dipercayakan menduduki Jabatan Pimpinan Tinggi Pratama ( eselon II).

Dimana sebelum menduduki jabatan saat ini sebagai Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah, putra ke 3 dari  3 orang bersaudara dari pasangan Drs Hi.MK Pusadan dan Hj.Hatidjah Pusadan ini juga pernah menduduki Jabatan eselon  yang sama dijajaran Pemkab Buol, antara lain 
Kepala BKPSDM, Kadis Kumperindag, Sekretaris DPRD, dan Plt Kaban Pendapatan

bersama
Bersama Istri Tercinta Irmawati, SE dan putri tunggal Putri Mutiara Rachmatasya


Dalam beberapa kali  memimpin sejumlah Organisasi Perangkat Daerah yang berbeda, Pria berlatar belakang pendidikan terakhir S2 Magister Administrasi Pemda di IPDN Jatinangor, dinilai memiliki kemampuan potensi SDM, semangat kerja dan disiplin yang tinggi hingga OPD yang dipimpinya itu mengalami perubahan kearah yang lebih maju. 

Pada posisi jabatanya saat ini misalnya ia  terbukti  mampu membawa BPKAD menjadi daerah sasaran Studi Tiru Sistem Informasi Pemda (SIPD) dari BPKAD Kota Palu, Kabupaten Parigi Moutong dan Kabupaten Sigi. 

Kemampuanya dalam memimpin organisasi Pemerintahan selama ini memang tak bisa dinapikan. Karena tidak heran, ia dilahirkan dari keluarga besar berlatar belakang birokrat.  

Sehingga  kepemimpinan yang melekat pada dirinya adalah  talenta dan jiwa kepemimpinan dari sang kakek almarhum Hi.Rajawali Pusadan dan sang  ayah  Drs. MK. Pusadan yang pernah beberapa kali menduduki jabatan strategis di Pemprov Sulteng hingga purna bakti pada posisi jabatan sebagai Asisten III. 

Sementara cucu dari Almarhum kakek Hi.Radjawali Pusadan yang merupakan Bupati Buol Toli Toli, Bupati Poso dan Bupati Donggala pertama itu, namanya juga  disebut sebut sebagai salah satu bakal calon Sekretaris Daerah Kabupaten Buol pasca Drs Mohamad Sufrizal Jusuf yang akan memasuki purna bakti 1 Maret 2024 mendatang diantara sejumlah nama bakal calon lainnya yang telah memenuhi persyaratan administrasi. 

Jika menilik  perjalanan karier dan pengalaman  kerjanya sebagai Aparatur Sipil Negara, ayah dari Putri Mutiara Rachmatasya yang merupakan buah hati bersama pasangan istri tercinta Irmawati SE itu dinilai sangat layak untuk menduduki jabatan tersebut. 

Menyusul sang istri yang saat ini menduduki jabatan selaku Sekretaris DPMPTSP Kabupaten Buol serta putri tunggalnya yang baru saja menyelesaikan studi S.1 Akuntansi Untad Palu tahun 2023 itu, juga dinilai bisa dan mampu memberi support dalam pengembangan kariernya dalam melaksanakan tugas di pemerintahan. 

Sementara saat media ini menanyakan soal kemungkinanya dirinya akan masuk mengikuti lelang jabatan Sekretaris Daerah Kabupaten Buol melalui proses seleksi nanti,  dengan singkat ia menjawab   Insyaallah..!

" Sebagai jabatan tertinggi di Eksekutif tentu jabatan Sekda menjadi target semua ASN," ujar Syarif melalui chat Watshafnya kepada media ini **


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update