Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pangkoarmada III Pimpin Upacara Ziarah Jelang Peringatan Hari Dharma Samudera Tahun 2024

1/13/2024 | 04:32 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-12T21:32:25Z


Alasannews-- Bertempat di Taman Makam Pahlawan Tri Jaya Sakti Kota Sorong Papua Barat Daya, Panglima Komando Armada III (Pangkoarmada III) Laksamana Muda TNI Hersan, S.H., M.Si., M.Tr.Opsla memimpin upacara ziarah dalam rangka memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2024. Jumat (12/01/24).

Upacara ziarah berlangsung dengan khidmat, dan  diawali dengan penghormatan kepada arwah para pahlawan dilanjutkan dengan mengheningkan cipta dipimpin oleh Inspektur Upacara dan peletakan karangan bunga secara simbolis di Tugu Taman Makam Pahlawan oleh Pangkoarmada III selaku Inspektur Upacara, yang dilanjutkan dengan penghormatan terakhir kepada arwah para pahlawan dan  tabur  bunga di pusara makam para pahlawan oleh seluruh peserta ziarah.

Acara ziarah dan tabur bunga ini diselenggarakan dengan maksud dan tujuan untuk mengenang jasa-jasa para pahlawan yang telah berjuang dan rela mengorbankan jiwa dan raganya dalam pertempuran Laut Aru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 silam, dimana kala itu Tentara Indonesia bertempur melawan Belanda untuk pembebasan Irian Barat (Papua).

Pangkoarmada III menyampaikan harapannya, dengan kegiatan ini dapat menjadi inspirasi dan tauladan kepada para generasi muda sebagai penerus bangsa tentang apa yang telah dilakukan dan diberikan oleh para pahlawan, tentunya tauladan dari para pahlawan ini dapat dilakukan dalam kondisi berbeda, yaitu kita berjuang mengisi kemerdekaan dengan darmabakti kita dibidang masing-masing,  begitu juga sebagai TNI harus bekerja sesuai tugas pokoknya dalam mempertahankan NKRI.

Hadir dalam upacara ziarah tersebut yaitu Kepala Staf Koarmada III, Irkoarmada III, Kapok Sahli Koarmada III, Danlantamal XIV, para  Pejabat Utama Koarmada III, Lantamal XIV, Pasmar-3, dan Ibu Ketua Daerah Jalasenastri Armada III dan ibu Pengurus Daerah Jalasenastri Armada III, Ketua dan Pengurus Jalasenastri Korcab XIV DJA III.

Sementara, pada hari yang sama dalam rangkaian  memperingati Hari Dharma Samudera Tahun 2024, Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto, S.T., M.Si. menghadiri giat doa bersama yang diikuti seluruh Pejabat Utama, Komandan Satuan, Kasatker, serta seluruh Prajurit dan PNS yang dilaksanakan secara serentak sesuai dengan agama masing-masing, Dzikir dan doa bersama bagi umat Muslim dilaksanakan setelah usai sholat Jumat di Masjid AL Barkah, sedangkan yang beragama Nasrani melaksanakan ibadah dan doa bersama di Gereja Oekumene serta personel yang beragama Hindu melaksanakan sembahyang dan doa bersama di Pura Jala Sukma Dharma, Mako Koarmada III, Katapop, Sorong, Papua Barat.***



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update