Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pemerintah kota Langsa Menyampaikan Penyaluran Zakat Serta Infaq Tahun 2023

4/03/2024 | 16:29 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-03T09:29:57Z

Plt Kepala Baitul Mal Kota Langsa Jauwahir, saat buka acara laporan penerimaan dan penyaluran zakat dan infaq, Rabu di Aula Cakdon
Plt Kepala Baitul Mal Kota Langsa Jauwahir, saat buka acara laporan penerimaan dan penyaluran zakat dan infaq, Rabu di Aula Cakdon
Kota Langsa, Alasannews.com - Pemerintah Kota langsa melalui Baitul Mal menggelar kegiatan pelaporan pertanggung jawaban penerimaan dan penyaluran zakat dan infaq Baitul Mal Tahun Anggaran 2023, sekaligus penyaluran zakat senif fakir dan miskin Tahun 2024, di Aula Cakra Donya pada hari ini Rabu (03/04/2024).

Membuka acara tersebut, Kepala Baitu Mal Kota Langsa Jauwahir, menyampaikan dalam Laporan Pertanggung jawaban Penerimaan dan Penyaluran Zakat dan Infak Tahun 2023 dan Penyaluran Zakat Asnaf Fakir dan Miskin 2024, untuk penerimaan Zakat di Tahun 2023 sebesar Rp. 3.045.657.443,99, sedangkan penerimaan Infak sebesar Rp. 2.866.321.688.32, dengan total keseluruhan Rp. 5.911.979.132.31.

“Alhamdulillah sudah tersalurkan untuk Zakat Rp. 3.025.000.000. dan untuk Infak Rp. 3.000.000.000. Tahun 2023 dengan total nilainya Rp. 6.025.000.000”, ungkap Jauwahir.

Lalu, lanjut Jauwahir menjelaskan kegiatan Baitul Mal Tahun 2023, untuk penyaluran Zakat Asnaf Fakir dan Miskin yang diserahkan melalui Ketua Baitul Mal Gampong (BMG) di Kota Langsa sebesar Rp. 231.000.000 kepada 1.540 Fakir dengan rician Rp. 150.000 per-orang, dan Rp. 600.000.000 kepada 6.000 Miskin dengan rician Rp. 100.000 per-orang.

Penyaluran Infak Tahun 2023 Baitul Mal Membangun selain bantuan untuk Fakir dan Miskin, kita telah membangun sebanyak 21 Unit Rumah, Rehab Rumah 6 Unit, Balai Pengajian/Dayah 8 Unit, membantu Pasien Rujukan 379 orang, Beasiswa ke Mesir dan juga pemulangan Orang Sakit dari luar daerah maupun luar negeri.

“Terimakasih kepada seluruh Muzaki dan Munfik yang telah mempercayakan Zakat dan Infaknya kepada Baitul Mal Kota Langsa sehingga setiap tahunnya selalu ada peningkatan pengumpulannya”, jelas Jauwahir.SE. MAP.

Pada kesempatan yang sama, Pj Walikota Langsa Syaridin, S. Pd M. Pd. dalam sambutannya mngucapkan terimakasih yang sebesar-besarnya kepada panitia penyelenggara beserta segenap unsur yang terlibat, sehingga kegiatan ini bisa berjalan dengan baik, dan juga kepada Muzaki yang sudah mempercayakan Zakat dan Infaknya melalui Baitul Mal Kota Langsa.

“Saya yakin acara tahunan Baitul Mal Kota Langsa ini akan semakin mengokohkan dan menjaga kepercayaan umat terhadap lembaga keuangan umat ini,” papar Syaridin.

Menjawab pertanyaan masyarakat untuk kepengurusan Baitul Mal Kota Langsa, Syaridin dengan tegas mengatakan “Insya Allah sesegera mungkin setelah Hari Raya Idul Fitri akan diproses pemilihan Ketua dan Pengurus Baitul Mal periode 2024 seterusnya”, ucapnya.

Lebih lanjut dijelaskan, bahwa tidak ada hambatan dalam pengelolaan Zakat dan Infak serta pencairan hak-hak yang harus diterima di Baitul Mal Kota Langsa selama Ketua Definitif tidak ada permasalahan sama sekali.

“Pemerintah Kota Langsa telah mengankat Dewan Pengawas dan diperkuat dengan ditunjuknya Sekretaris menjadi Plt. Ketua Baitul Mal Kota Langsa, sehingga proses penerimaan dan penyaluran zakat telah berjalan dengan baik apa adanya dan semestinya”, tegas Syaridin.

Kemudian, penyaluran yang biasanya di Bitul Mal Kota Langsa pada 27 Ramadhan namun pada Tahun 2024 ini dipercepat dikarenakan sudah masuk masa libur memperingati Hari Raya Idul Fitri 1445 H, lanjutnya.

“Saya yakin dan percaya kepada Baitul Mal, tidak ada penyimpangan apapun dalam penanganan Zakat di Kota Langsa, oleh karena itu kepada Muzaki jangan pernah ada keraguan kepada Baitul Mal Kota Langsa sudah menyalahgunakan Zakat dan Infak yang berasal dari pada Muzaki”, terang Pj. Walikota Langsa.

Pemko Langsa juga tidak pernah menggunakan Uang Zakat yang ada di Baitul Mal untuk kepentingan diluar ketentuan yang boleh menerima Zakat dan Infak. Saya ingatkan kepada seluruh Instansi Pemerintah maupun Instansi Vertikal yang dalam wilayah Kota Langsa agar dapat membayarkan zakat dan infaknya melalui Baitul Mal Kota Langsa.

“Sejauh yang saya tau dari Sabang sampai dengan Kota Langsa, Baitul Mal Kota Langsa adalah yang terbaik”, pungkas Pj. Walikota Langsa Syaridin.

Pada kesempatan itu, Angelina Hutabarat yang merupakan seorang Mualaf di Kota Langsa penerima bantuan Baitul Mal mengucapkan terimakasih kepada Baitul Mal Kota Langsa dan juga kepada para Muzaki yang telah menyalurkan zakatnya sehingga saya dan keluarga akhirnya memiliki rumah yang layak huni.

Menutup acara tersebut, turut diserahkan Zakat Award Tahun 2023 dan Kain Sarung, sebagai apresiasi Baitul Mal Kota Langsa kepada Instansi/Lembaga Pemerintahan dan Pendidikan yang meliputi Perguruan Tinggi, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Dasar.

Instasi Pemerintahan Kota Langsa yakni, Dinas Perhubungan, Satpol PP dan WH, Dinas Lingkungan Hidup, BPBD, Dinas Sosial, dan IAIN Langsa, dan Instansi BUMN/BUMD yakni, PTP N I Regional 6 Langsa, PLN Cab. Langsa, dan Bank Aceh Syariah Cab. Langsa.

Hadir pada acara tersebut, Forkopimda, Para Kepala Organisasi Perangkat Daerah dalam wilayah Pemerintah Kota Langsa, Para Pimpinan Instansi Vertikal dan BUMN/BUMD, Geuchik, Para Ketua Baitul Mal Gampong (BMG) Kota Langsa, Tokoh Agama, Masyarakat, Muzaki dan Munfik Kota Langsa tandasnya. (zainal)

Editor/Gugun 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update