Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

BMKG) Memprediksikan Potensi Tsunami Besar Mencapai Lebih Dari 20 Meter di Pulau Jawa

2/06/2022 | 10:35 WIB | 0 Views Last Updated 2022-02-06T03:35:23Z


ALASANNEWS.JAKARTA.- nah kali ini Heboh Ramalan Tsunami, Berapa Dana Penanganan Bencana RI? Lalu Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksikan potensi tsunami besar mencapai lebih dari 20 meter di Pulau Jawa. Meski demikian, Peneliti BMKG Daryono menyebut belum dapat dipastikan kapan terjadinya tsunami itu.
Ahad, 6/2/2022.

Selain itu, dampak terbesar juga akan melanda pada pantai dengan kontur landai, mengingat gelombang tsunami diprediksi akan berukuran sangat tinggi hingga mencapai lebih dari 20 meter. Dengan begitu, kata dia, pantai yang memiliki tempat terjal berupa tebing akan sedikit lebih aman.

Berdasarkan pemodelan oleh BMKG, jika ada gempa berkekuatan 8,7 skala richter yang menerjang wilayah Pulau Jawa, maka seluruh selatan Jawa akan terdampak.

"Kalau gempa yang terjadi sampai 8,7 sudah kita modelkan apakah pusatnya di Jawa Timur, selatan Jawa di Jakarta, selatan Jawa Barat, selatan Banten, atau Selat Sunda. Hampir seluruh selatan Jawa terlanda," kata Daryono kepada awak media Alasannews.Jakarta belum lama ini.

Daryono juga menjelaskan jika gempa megathrust berkekuatan 8,7 magnitudo di selatan Banten dan Selat Sunda terjadi, akan berdampak ke Jawa Barat, Lampung, bahkan masuk ke Laut Jawa.

Sementara itu, Institut Teknologi Bandung (ITB) juga memprediksi adanya potensi tsunami dengan tinggi 20 meter di pesisir Pulau Jawa dan sekitarnya.

Kepala Laboratorium Geodesi ITB, Heri Andreas, berdasarkan data Global Navigation Satellite System (GNSS), mengatakan tsunami bisa terjadi karena adanya akumulasi energi di bagian megathrust Selat Sunda hingga pesisir Pulau Jawa.

Dari hasil pemodelan, tsunami 20 meter ini berasal dari gempa yang terjadi dengan kekuatan magnitudo 8,7 hingga 9,0. Di wilayah Jakarta sendiri memiliki potensi tsunami lebih besar, sebab pesisir Jakarta sudah berada di bawah laut hingga minus 1-2 meter.

"Berdasarkan hasil simulasi model, run-up tsunami dapat mencapai sebagian besar Pluit, Ancol, Gunung Sahari, Kota Tua, hingga Gajah Mada. Kalau kita perhatikan modelnya ternyata nyaris menyentuh Istana," ujar Heri secara terpisah. Ahad, 6/2/2022.

Reporter :  Yuliana.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update