Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dirlat Kodiklatal Tinjau Manlap Latopsduk TNI AL

6/15/2022 | 18:51 WIB | 0 Views Last Updated 2022-06-15T11:51:13Z


Sidoarjo--Direktur Latihan (Dirlat) Komando Pembinaan Doktrin, Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) Brigadir Jenderal TNI (Mar) Widodo meninjau secara langsung pelaksanaan manuver lapangan Latihan Operasi Dukungan (Latopsduk) TNI AL tahun 2022 di Pusat Latihan dan pendidikan Dasar Militer (Puslatdiksarmil), Kodiklatal, Juanda, Sidoarjo, Rabu, (15/06).

Dalam kesempatan tersebut, Dirlat meninjau kegiatan di Mako Kogla sebagai tempat penyelenggara mengendalikan dan memonitor manuver lapangan, serta meninjau manlap yang dilaksanakan Satgasduk Informasi, Satgasduk Intelijen dan Satgasduk Psikologi.

Di hari ketiga pelaksanaan manlap Latopsduk TNI AL ini, Satgasduk Informasi melaksanakan latihan press conference untuk menanggapi berita yang berkembang di media online pro negara musuh yang menyudutkan pasukan militer Indonesia yang telah melakukan pelanggaran HAM berat dan kejahatan perang di daerah operasi. Dalam waktu bersamaan satuan Syber berusahan meretas media tersebut.

Sementara itu, untuk Satgasduk Intelijen dihari ketiga manlap ini melaksanakan interogasi terhadap personel intelijen musuh yang berhasil diamankan oleh Satgasduk intelijen Kogab TNI. Dalam pemeriksaan tersebut, satgasduk intel menggunakan lie detector untuk mengorek informasi tentang kekuatan dan kegiatan musuh.

Sedangkan untuk Satgasduk Psikologi dihari ketiga manlap melaksanakan penanganan terhadap prajurit yang mengalami stres saat melaksanakan operasi militer dan melaksanakan pembekalan terhadap pasukan darat di atas geladak KRI untuk meningkatkan semangat bertempur seluruh prajurit.

Latihan Manlap yang dilaksanakan selama tiga hari tersebut merupakan kelanjutan dari gladi posko Latopsduk TNI AL di Gedung R. Sudomo Puslatopsla Kesatrian Kodiklatal Bumimoro, Surabaya tanggal 6-10 Juli 2022. Latposko merupakan latihan taktis tanpa pasukan yang bertujuan unyuk melatih unsur komandan dan staf dalam melaksanakan teknik, prosedur dan tata kerja yang berlaku untuk merencanakan, mempersiapkan dan melaksanakan serta mengendalikan suatu operasi.

Tema Latopsduk kali ini adalah “Satgas Dukungan Intelijen, satgas Dukungan Informasi dan Satgas Dukungan Psikologi melaksanakan operasi dukungan intelijen, operasi dukungan informasi dan operasi dukungan prikologi di mandala operasi Jawa Timur dan sekitarya dalam rangka mendukung tugas pokok Kogab TNI”.

Adapun Latopsduk ini merupakan latihan TNI Angkatan Laut yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapan personel TNI AL dalam pelaksanaan operasi dukungan Intelijen, Informasi, dan Psikologi guna mendukung tugas pokok Kogab TNI. Bertindak sebagai Direktur Latihan dalam Latopsduk TNI AL tahun 2022 adalah Dankodiklatal Letnan Jenderal TNI Marinir Suhartono.

Disisi lain Latopsduk TNI AL tahun 2022 merupakan implementasi dari program prioritas Kasal, Laksamana TNI Yudo Margono, tentang pembangunan SDM TNI AL yang unggul.rls

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update