Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Lanal Yogyakarta Laksanakan Festival Penyu Bersama DKP DIY di Pantai Pelangi Bantul

7/18/2022 | 20:22 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-18T13:24:59Z




Alasannews, Yogyakarta--
Dalam upaya pengembangan budaya bahari, Pengembangan kearifan lokal dan potensi budaya serta mengenalkan dan melestarikan biota penyu di Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Lanal Yogyakarta bersama dinas kelautan dan perikanan pemerintah daerah, Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan festival penyu dengan tema "Pramuka Istimewa Lestarikan Penyu" bertempat di Pantai Pelangi Kal. Parangtritis, Kap. Kretek, Kab. Bantul. Minggu (17/7)

Danlanal Yogyakarta Kolonel Laut (KH/W) Damayanti, S.H., M.M., CHRMP didampingi Paspotmar Lanal Yogyakarta Mayor Laut (K/W) Herlin Hestiyowati, A.Md dalam sambutannya menyampaikan bahwa kita telah terlalu lama memunggungi laut, memunggungi samudera, selat, dan teluk. Untuk itu mulai hari ini mari kita kembalikan kejayaan nenek moyang kita sebagai pelaut, yang mampu menghadapi badai dan gelombang di atas kapal yang bernama Republik Indonesia. Berangkat dari situ maka  sebagai prajurit TNI khususnya TNI Angkatan Laut selalu siap melaksanakan tugas sebagaimana diamanahkan  pada pasal 9 undang-undang RI Nomor 34 Tahun 2004 .

Disamping bertugas menyelenggarakan dukungan administrasi logistik, Patkamla terbatas, juga melaksanakan Pembinaan Potensi Maritim (Binpotmar). Dalam pelaksanaan Binpotmar tersebut kita telah membentuk Kampung Bahari Nusantara (KBN) di Jangkaran Kulon Progo, yang merupakan upaya untuk Pembinaan Ketahanan Wilayah (Bintahwil) yang dalam pelaksanaannya meliputi Cluster Pendidikan, Cluster Ekonomi, Cluster Pariwisata, Kesehatan, termasuk pelestarian ekosistem laut. 

Pada tahun ini Lanal Yogyakata juga sedang berencana membentuk KBN di Pantai Samas Bantul, semoga nantinya dapat memberikan manfaat yang mampu memajukan masyarakat pesisir Bantul khususnya Pantai Samas. 

Dalam upaya menjaga kelestarian ekosistem laut, Lanal Yogyakarta sudah beberapa kali melaksanakan kegiatan pelepasan tukik di wilayah pesisir pantai selatan, untuk itu harapannya bahwa kegiatan festival penyu ini dapat menjadi salah satu langkah untuk menjaga keberlanjutan kelestarian penyu di perairan Indonesia," imbuh Danlanal.

Hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan DIY Ir. Bayu Mukti Sasongka, M.Si., Ketua Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Daerah Istimewa Yogyakarta GKR Mangkubumi, Kapolres Bantul AKBP Ihsan, S.I.K., Komisi B DPRD DIY RB Dwi Wahyu Budiyantoro SPd, MSi., Paspotmar Lanal Yga Mayor Laut (K/W) Herlin A. Md, Ka Dinas Kelautan dan Perikanan Tingkat Kabupaten Se DIY, Ketua Asosiasi Pramuka New Caledonia Michael, Prajurit Lanal Yogyakarta dan Siswa Pramuka dan pecinta penyu sekitar 350 orang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update