Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

*Dirdok Kodiklatal Paparkan Kesiapan Latihan Armada Jaya XL TA 2022 Kepada Asops Kasal*

9/15/2022 | 04:46 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-14T21:46:17Z


Surabaya -- Mendapat kepercayaan dari pimpinan TNI AL sebagai penyelenggara Latihan Armada Jaya XL TA 2022, Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (Kodiklatal) telah menyiapkan Rencana Garis Besar atau RGB yang dipaparkan oleh Direktur Doktrin (Dirdok) Kodiklatal Laksma TNI May Franky Pasuna Sihombing kepada Asops Kasal Laksamana Muda TNI Dadi Hartanto.melalui video conference dari Gedung JOPR Kodiklatal Surabaya, Rabu (14/9).

Adapun pejabat  Kodiklatal yang turut hadir dalam paparan tersebut adalah Direktur Latihan (Dirlat) Kodiklatal  Brigjen TNI Marinir Widodo, dan Komandan Kodikopsla Laksma TNI I Wayan Suarjaya. Selain itu hadir pula para Paban di bawah Direktorat Doktrin (Ditdok) Kodiklatal.

Dalam paparannya Dirdok menyampaikan bahwa tujuan pelaksanaan Latihan Armada Jaya adalah meningkatkan dan menguji kemampuan unsur pimpinan dan staf setingkat Komando Tugas Gabungan TNI serta Satuan Tugas TNI dalam merencanakan, melaksanakan serta mengendalikan Kampanye Militer dan Operasi Gabungan TNI secara tepat guna, dan berhasil guna dalam rangka menghadapi kemungkinan kontinjensi yang diperkirakan akan terjadi. 

Sementara sasaran yang dituju salah satunya yakni terwujudnya peningkatan profesionalisme dan kesiapan operasional satuan-satuan manuver atau taktis TNI Angkatan Laut, dalam mengaplikasikan buku petunjuk atau referensi dalam rangka menyusun rencana kampanye milter dan rencana operasi. Serta terciptanya kesamaan presepsi/pemahaman bagi perwira TNI Angkatan Laut tentang prosedur mekanisme Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) pada perencanaan Operasi Gabungan TNI.

Lebih lanjut disampaikan Dirdok, Latihan Armada Jaya XL TA 2022  dilaksanakan  secara taktis tanpa pasukan , dengan metode E-Geladi Posko. Waktu pelaksanaan direncanakan pada bulan Oktober 2022 selama 10 hari. Untuk Posko Latihan terpusat di Kodiklatal, sementara untuk Posko Pelaku terbagi berdasarkan kotama. Kotama yang berada di wilayah Jakarta, posko pelaku berada di  Koarmada I dan Kolinlamil, sementara Kotama yang berada di wilayah Surabaya, posko ditempatkan di Kodiklatal dan Koarmada II. Dan Kotama yang berada di wilayah Papua terpusat  di Koarmada III. 

Adapun tema Latihan Armada Jaya XL Tahun 2022 yakni  “Kogaslagab, Kogasgabfib, Kogasgabratmin dan Kogasgabhantai Melaksanakan Operasi Laut Gabungan, Operasi Amfibi, Operasi Pendaratan Adminitrasi dan Operasi Pertahanan Pantai dengan didukung Operasi Dukungan Informasi, Operasi Dukungan Komlek, Operasi Dukungan Kesehatan, dan Operasi Dukungan Pasukan Khusus di Mandala Operasi Wilayah utara Indonesia bagian tengah dalam rangka Mendukung Kampanye Militer Kogab TNI” .

Demikian berita Dinas Penerangan Kodiklatal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update