Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

61 Tahun Keberadaan SMK KAL-1 Semakin Solid

Kamis, 10 November 2022 | 20:18 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-10T13:18:50Z


alasannews, SURABAYA--Sekolah Menengah Kejuruan Khusus Angkatan Laut ( SMK KAL-1) Surabaya,(10/11) Seluruh Guru, Staf ,  siswa kelas X, XI dan XII berkumpul di halaman sekolah melaksanakan peringatan hari jadinya   ke-61 yang di pimpin langsung oleh Kasatdik  SMK KAL-1 Munawar, S.Pd.

Mengawali rangkaian  Tasyakuran dan doa bersama dalam rangka  Hari Ulang Tahun SMK KAL-1 ke-61  yang  jatuh pada tanggal 01 Nopember 2022,   Kasatdik mengajak kepada seluruh managemen sekolah , guru, staf dan  siswanya  agar dapat memaknai  dengan usia yang sudah  lebih dari setengah abad ini  SMK KAL-1 diharapkan semakin solid dalam mengemban tugas mulia mencerdaskan anak bangsa sebagai mana tertera pada Motto dari Yayasan Hang Tuah “Kehadiran Kami Mencerdaskan Anda”.



Selain peringatan HUT SMK KAL-1 Ke-61, hari ini bertepatan dengan Hari Pahlawan sehingga moment peringatan Hari Pahlawan 2022 juga semakin meriah. Seluruh Siswa baik kelas X, XI dan XII mnggunakan seragan sekolah dalam pelaksanaan peringatan Hari Pahlawan, namun  seluruh guru dan Mamajemen sekolah menggunakan pakaian Adat dari Sabang- Merauke.

Rangaian upacara peringatan Hari Pahlawan diawali dengan penghoratan pasukan kepada Irup, laporan komandan upacara, penaikan bendera oleh siswa Paskibra , mengheningkan cipta dipimpin oleh Irup dilanjukan pembacaan Teks Pancasila  oleh Irup yang di ikuti oleh seluruh peserta upacara, menyanyikan lagu Syukur dilanjutkan pembacaan Pembukaan UUD 1945 oleh perwakilan siswa yang di tunjuk. 

Kemensos dalam amanatnya yang dibacakan Kasatdik SMK KAL-1 Munawar , S.Pd di hadapan seluruh siswa, guru dan karyawan menyampaikan bahwa,  Teladan dari para Pahlawan Bangsa yang telah merasuk sukma, kiranya menjadi semangat kita di Peringatan Hari Pahlawan tahun ini, Pahlawanku Teladanku. Dengan semangat “Pulih Lebih Cepat, Bangkit Lebih Kuat”, peringatan Hari Pahlawan 2022 diharapkan dapat terus memberikan energi tambahan untuk menggugah kesadaran segenap elemen bangsa untuk terus bersatu dan membantu sesama tanpa memandang sekat. Janganlah kita mau untuk dipecah belah, ingatlah Seloka Bhinneka Tunggal Ika. Mari kita jadikan momentum Peringatan Hari Pahlawan 2022 untuk memperkuat persatuan dan kesatuan bangsa, saling menghargai satu sama lain. Mengisi kemerdekaan dengan menjadi Pahlawan yang dimulai dari diri sendiri, keluarga, lingkungan sekitar dan seterusnya. Jadikanlah semangat dan nilai–nilai Kepahlawanan sebagai inspirasi dalam setiap langkah hidup dan kehidupan kita bersama.


SMK KAL-1 dalam rangka menyambut Hari Pahlawan telah melaksanakan beberapa macam lomba untuk seluruh siswa yang di kemas dalam lomba antar kelas  diikuti oleh 21 kelas dari 5 jurusan yang ada, Teknik Pemesinan (TPM), Teknik Kendaraan Ringan (TKR), Teknik Instalasi Tnaga Listrik (TITL), Teknik Audio Video (TAV) dan Teknik Logistik (Tek Log). Jenis lomba yang diselenggarakan meliputi  lomba Fashion, Lomba pembuatan tumpeng nasi kuning dan lomba Yel-yel SMK KAL-1.
Keluar sebagai pemenang lomba Fashion, juara I kelas XII TPM A, juara II kelas X Teknik Logistik dan juara II kelas XI TITL.  Lomba pembatan tumpeng nasi kuning, keluar sebagai juara I kelas XI TITL, juara II kelas XI TPM B dan juara III kelas X  TKR B. Sedangkan juara lomba Yel-yel, sebagaimjuara I kelas XII TPM B, juara II keas XII TITL dan juara III kelas XI TITL.

Penyerahan  hadih lomba diserahkan oleh Ketua Panitia Ria Banowati, S.T selaku Waka Kesiswaan serta penyerahan hadiah juga di berikan  oleh Kasatdik SMK KAL-1 Munawar , S.Pd.  SEbgai symbol HUT SMK KAL-1 dilaksanakan pemotongan tumpeng, juga kue ulan tahun oleh Kasatdik yang di serahkan kepada Ketua penyelenggara HUT SMK KAL-1 Ria Banowati, S.T.

Tidak sekedar meramaikan HUT SMK KAL-1, supporter futsal yag dikenal dengan sebutan KAL ONE Mania juga tampil beda, sebuah gebrakan dengan menampilkan nyanyian lagu Mars Hang Tuah, lagu kebesaran KAL Mania yang selaluberdengung saat tim futsal bertanding dimanapun , yang lebih menarik Kasatdik Munawar , S.Ps juga di dapuk sebagai penabuh  Drum sehingga menambah hinga-bingarnya KAL ONE Mania, akhir demonytrasi KAL ONE Mania di akhiri dengan pelepasan Balon yang bertukiskan  “SELAMAT HUT KE-61 SMK KAL-1 TAHUN 2022”

Padatnya kegiatan menyonsong HUT SMK KAL-1 dan Hari Pahlawan, siswa SMK KAL-1 juga masih  terdaftar sebagai peserta Upacara Hari Pahlaan yang di selenggarakan oleh Pemerintah Darah Jawa Timur yang terpusat di area Tugu Pahlawan, SMK KAL-1 hadir dengan satu peton serta salah satu siswanya terpilih sebagai perwakilan siswa dalam mendampingi pembacaan pesan-pesan  dari 17 Pahlawan Nasioanal.


Salah satu pesan dari pahlawan  yang sampai saat ini masih dipakai dalam dunia pendidikan adalah pesan dari Pahlawan Nasional Ki Hajar Dewantara  : “ Ing Ngarso Sung Tulodo ( di depan membei contoh), Ing Madyo Mangun Karso ( ditengah memberi semangat) dan Tut Wuri Handayani ( di belakang selalu memberi dorongan)”.Seboyan ini diajarkan oleh Ki Hajar Dewantara  saat merintis  Taman Siswa yang didirikan pada ahun 1922(yht/dar).
×
Berita Terbaru Update