Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Perwira Staf Lanudal Biak Hadiri Festival Budaya Biak 2023

3/20/2023 | 22:49 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-20T15:49:58Z


Biak, Alasannews.com--Perwira Staf Lanudal Biak secara terjadwal menghadiri Pameran Pembangunan dan UMKM Festival Budaya Biak 2023 yang digelar meriah sejak 16 Maret lalu di Hanggar Lanud Manuhua, jl. Sisingamangaraja, Biak Kota, Biak Numfor-Papua.

Acara tersebut menjadi ajang promosi budaya para wisatawan. Berbagai tradisi adat dan warisan budaya masyarakat Kabupaten Biak Numfor, Waropen, Sarmi dan Yapen ditampilkan dalam gelaran Pesta Budaya yang berlangsung hingga 20 Maret, diantaranya, acara adat peminangan (Fakfuken), penyerahan mas kawin (Ararem), pengantaran peralatan dapur (Yakyaker) dan prosesi adat pernikahan (Farbakbuk).


Tak hanya menampilkan parade budaya kearifan lokal, acara yang turut dihadiri Pangkogabwilhan III mewakili Panglima TNI, Letjen TNI I Nyoman Cantiasa, Pabandya Nerbal Ban IV, Letkol Laut (P) Anang Adhi P dan Pabandya Binkuat Sopsal, Letkol Laut (P) Moh. Akbar, S.H tersebut juga menghadirkan pameran kuliner dan UMKM dari berbagai Distrik di tiap-tiap Kabupaten. Selain itu ditampilkan juga atraksi-atraksi warisan budaya seperti Apen Beyeren (berjalan di atas batu yang dibakar), memanggil kuskus keluar dari hutan hingga memanggil ular laut yang biasa disebut moni-moni naik ke darat.

Selain digelar dalam rangka 4 Tahun Kepemimpinan Bupati dan Wakil Bupati Biak Numfor, acara yang diselenggarakan selama lima hari tersebut sekaligus juga merupakan Side Event Sail Teluk Cenderawasih (STC) Papua 2023 yang akan digelar di Kota Biak pada pekan pertama November 2023 mendatang. (Ar)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update