Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Persiapan Event Barape Sawa Tahun 2023, Kapolres Bengkayang Gelar Jum’at Curhat

5/19/2023 | 15:53 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-19T08:53:15Z


Bengkayang, Kalbar , Alasannews.com – Kegiatan Jum’at Curhat kembali diselenggarakan Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. yang pada kali ini digelar di Warung Bude Suryati, Jum’at (19/5/23) pagi.

Tampak hadir pada kegiatan tersebut Kapolres Bengkayang, Wakapolres Bengkayang, Pju Polres Bengkayang, Ketua DAD Kab. Bengkayang, Sekretaris Panitia Barape Sawa, Perwakilan BNN Kab. Bengkayang, Kaban Kesbangpol, Perwakilan Dinas Pendidikan dan Kepala Biro Media Suara Kalbar.

Kapolres mengucapkan terima kasih kepada pihak yang hadir dan mengungkapkan tema pada Jum’at Curhat kali ini serta berharap panitia dapat menjelaskan rangkaian kegiatan Event Barape Sawa yang akan digelar kedepan.


“Kami ucapkan terima kasih kepada pihak yang telah hadir. Pada hari ini kita akan membahas mengenai persiapan pelaksanaan Event Barape Sawa Tahun 2023 di Kabupaten Bengkayang yang kedepan akan digelar,” ucapnya.

“Tentunya kami berharap pada kesempatan ini panitia Event Barape Sawa dapat menjelaskan setiap rangkaian kegiatan sehingga kami bisa membuat rencana pengamanan pada waktu pelaksanaan kegiatan,” tambah Kapolres.

Dalam kesempatan itu Ketua DAD Kab. Bengkayang Martinus Kajot, S.M. menyampaikan ucapan selamat atas terselenggaranya Event Barape Sawa dan mendukung penuh atas kegiatan tersebut.

“Selamat atas terselenggaranya Barape Sawa Tahun 2023 di Kabupaten Bengkayang, kami dari Dewan Adat Dayak sangat mendukung penuh dan berharap event ini dapat berjalan dengan baik dari awal sampai akhir,” ujar Martinus.

Sekretaris Ketua Panitia Barape Sawa Are Adji menjelaskan tentang pelaksanaan Event Barape Sawa, ia mengatakan bahwa sebelumnya ada Barape Sawa ke-1 sampai ke-8, untuk Tahun 2022 kemarin sampai ke-8.  Ia juga mengatakan waktu pelaksanaan dan rangkaian Event Barape Sawa Tahun 2023.

“Dari hasil musyawarah mufakat panitia diputuskan untuk tahun ini menghilangkan kata ke-9 karena dengan alasan bahwa ini sudah dilaksanakan oleh masyarakat Dayak Bakati secara turun-temurun sehingga tahun ini ke-9-nya dihilangkan,” kata Are.

“Untuk Event Barape Sawa tahun ini, akan digelar pada tanggal 27 Mei sampai dengan tanggal 31 Mei 2023 dengan rangkaian kegiatan pada tanggal 27 mei itu pelaksanaan diawali dengan karnaval budaya dengan tema karnaval Seribu Kalangkang, dengan tema ini ada keunikan supaya Barape Sawa ini di kenal di Nusantara,” jelas Are.

“Rencananya kami akan mengundang tamu dari Negara Malaysia, Gubernur Kalbar, Ketua DAD Provinsi dan Bupati Landak. Pada penutupan tanggal 31 Mei akan diadakan ritual Adat,” tambah Sekretaris Ketua Panitia Barape Sawa Are Adji disaat Jum’at Curhat.

Menanggapi hal tersebut, Kapolres mengatakan bahwa pihaknya siap mendukung dan melakukan pengamanan selama rangkaian kegiatan selesai.

“Agar panitia mempertimbangkan waktu pelaksanaan karnaval, mengingat cuaca akhik-akhir ini lumayan panas. Apakah karnaval bisa diarahkan ke pagi hari atau sore hari. Untuk lokasi parkir agar segera di diskusikan apakah diserahkan kepada dishub atau panitia, agar segera disiapkan petugas parkirnya untuk mengamankan kendaraan pengunjung yang akan datang,” pungkas Kapolres.

“Karena ada undangan dari Malaysia agar Kasat Narkoba dan BNN Kab. Bengkayang bersinergi melaksanakan pengecekan terhadap undangan dari luar untuk langkah pencegahan masuknya narkotika,” tambahnya.

Semoga acara Barape Sawa pada tahun ini lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya, kami Polres Bengkayang mendukung penuh kegiatan tersebut. Mari bersama-sama kita jaga kamtibmas di Kabupaten Bengkayang selama kegiatan Barape Sawa ini berlangsung,” tutup Kapolres.



(M.supandi)
Editor : Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update