Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Siswa Komcad Matra Laut Tunjukkan Semangat Jalesveva Jayamahe Saat Tampilkan Kemampuan Militer

6/25/2023 | 06:13 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-24T23:13:43Z


Surabaya, Alasannews.com, --
Ratusan siswa Komponen Cadangan Matra Laut menunjukkan semangat Jalesveva Jayamahe saat menampilkan kemampuan militernya setelah menjalani Pendidikan dan Latihan Dasar Militer (Diklatsarmil) di Komando Pendidikan Marinir (Kodikmar) Kodiklatal yang berada di  Gunung Sari Surabaya. Jumat (23/6/2023). 

Dalam kegiatan tersebut, para siswa Komcad melaksanakan demonstrasi kemampuan dasar militer di hadapan  Asisten Potensi Maritim (Aspotmar) Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Mayjen TNI Marinir Markos, ketika melakukan Peninjauan dan Evaluasi Latsarmil Komcad Matra Laut TA 2023 di Kodikmar Kodiklatal.


Ditengah-tengah siswa Komcad, Aspotmar Kasal menyampaikan bahwa, Komponen Cadangan atau Komcad adalah sebuah pasukan cadangan militer yang terdiri dari warga negara yang menggabungkan peran militer dengan karier sipil. Komcad disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperkuat kekuatan dan kemampuan Komponen Utama yakni Tentara Nasional Indonesia (TNI).

“Hal tersebut dipertegas dengan Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 3 Tahun 2021 tentang peraturan pelaksanaan Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2019 mengenai pengelolaan sumber daya nasional untuk pertahanan negara, Komponen Cadangan merupakan sumber daya nasional yang telah disiapkan untuk dikerahkan melalui mobilisasi guna memperbesar dan memperkuat kekuatan dan kemampuan komponen utama dalam menghadapi ancaman militer dan ancaman hibrida,” tambah Aspotmar Kasal. 


Lebih lanjut,  Aspotmar Kasal berpesan kepada seluruh siswa Komcad Matra Laut selama melaksanakan Pendidikan agar tetap menjaga kesehatan, kekompakan dan semangat sampai dengan pelantikan nantinya.

Pelaksanaan Latsarmil berlangsung selama 3 bulan, saat ini telah memasuki minggu ke 7 dari 13 Minggu. Pembukaan Diklatsarmil Komcad TNI AL Tahun 2023 dipimpin oleh Dankodiklatal Letjen TNI Marinir Suhartono pada awal Mei 2023 lalu. 

Sebelumnya seleksi Komcad Matra Laut telah dilaksanakan dari tanggal 25 April hingga 5 Mei 2023, tercatat 750 orang pemuda dan pemudi  ikut dalam seleksi.  Mereka terdiri dari 672 peserta pria dan 78 peserta wanita dari berbagai profesi, seperti karyawan swasta, pelajar dan juga Mahasiswa dari Universitas Hang Tuah maupun Politeknik Pelayaran Jogjakarta, Sidoarjo serta Denpasar. Dengan hasil kelulusan 500 orang, yang terdiri dari 450 Pria dan 50 Wanita.

Hadir dalam acara tersebut yakni, Dankodikmar Brigjen TNI Marinir Muhammad Nadir, Paban II Spotmaral Kolonel Laut (P) Ketut Budiantara, Wadan Kodikmar Kolonel Marinir Efhardian, Dansatgas Latsarmil Komcad Matra Laut TA 2023 Kolonel Mar Widoyono serta pejabat terkait.

Kodiklatal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update