Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Satuan Latih Kartika Jala Krida 2023 Melintas Greenwich Inggris dengan Bujur 000° 00' 00'' Melaksanakan Praktek Navigasi Astronomi

7/14/2023 | 06:42 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-13T23:42:38Z



AAL, Perairan Inggris, ALASANnews.com.-

Satlat KJK 2023 Taruna Akademi Angkatan Laut Angkatan 70 di KRI Bimasuci dengan Palaklat Mayor Laut (P) Rendra Hariwibowo melaksanakan Praktek Navigasi Astronomi.

Greenwich merupakan salah satu kota di Inggris, Kota ini ditetapkan sebagai standar waktu dunia. Greenwich Mean Time atau GMT adalah rata-rata waktu surya seperti yang dilihat dari Royal Greenwich Observatory (Observatorium Kerajaan di Greenwich), yang terletak di Greenwich, London, Inggris, yang melalui konvensi dikenal terletak di 0 derajat garis bujur. Secara teori, tengah hari GMT adalah saat dimana matahari melewati Meridian Greenwich (dan mencapai titik tertinggi dilangit di Greenwich).


Dimana para pelaut dunia mencocokkan waktu mereka ke waktu GMT, untuk mengukur jauhnya lokasi bujur mereka dari "Meridian Greenwich".

Garis meridian adalah garis bujur yang menghubungkan kutub utara dan kutub selatan. Para ilmuwan dan ahli perbintangan percaya bahwa Kota Greenwich terletak di garis meridien utama. Garis meridien utama, yaitu di derajat 0 yang disebut sebagai garis meridian utama. Itulah kenapa waktu yang kita gunakan sekarang ini berdasarkan standar meridian utama yaitu Kota Greenwich Inggris.

Bumi memiliki sudut sebesar 360 derajat, dimana sehari itu ada 24 jam, maka Bumi dibagi menjadi 24 zona waktu yang 1 zona waktu itu sebesar 15 derajat.

Jika garis bujur dipindah 15 derajat ke arah timur, maka waktu akan lebih cepat 1 jam daripada waktu di Greenwich Inggris. Sedangkan jika dipindahkan 15 derajat ke arah barat, maka waktu akan lebih lambat 1 jam.

Indonesia sendiri memiliki 3 zona waktu, yaitu Waktu Indonesia Barat (WIB), Waktu Indonesia Tengah (WITA), dan Waktu Indonesia Timur (WIT). Waktu di zona WIB adalah GMT+7, waktu di zona WITA adalah GMT+8, dan waktu di zona WIT adalah GMT+9.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update