Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bantu Mama Papua, Satgas Yonif RK 115/ML Barter Bahan Makanan dengan Hasil Kebun Masyarakat

8/31/2023 | 12:31 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-31T05:31:41Z


ALASANnews -- Sulitnya menjual hasil kebun merupakan salah satu permasalahan yang sering dihadapi oleh masyarakat, khususnya yang dialami masyarakat Kampung Talilome, DIstrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya. Jarak yang cukup jauh dari pusat Kota dan rendahnya daya beli masyarakat menjadi kendala yang sulit dihadapi.

Melihat kondisi tersebut, tidak jarang personel TNI memberikan solusi dengan membeli atau menukar bahan makanan yang dimiliki dengan hasil kebun yang dibawa oleh masyarakat. Seperti yang dilakukan oleh personel dari Pos Talilime Satgas Yonif RK 115/ML pada Hari Kamis (31/8/2023).


Hal ini dilakukan agar roda perekonomian masyarakat Kampung Talilome tetap berputar. Apabila hasil kebunnya tidak terjual, maka masyarakat akan kesulitan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya. Sehingga keberadaan Pos TNI menjadi solusi bagi masyarakat dalam menjual hasil kebunnya.

Dansatgas Yonif RK 115/ML Letkol Inf Raden Herman Sasmita telah menyampaikan perintah kepada jajarannya, agar sebisa mungkin membantu kesulitan masyarakat di sekitar pos. Salah satunya dengan membeli atau menukar bahan makanan dengan hasil kebun yang dibawa masyarakat.
“ Salah satu kebiasaan yang dilakukan masyarakat sejak lama adalah tradisi barter / menukar bahan makanan. Di mana hasil kebun masyarakat sebagian dikonsumsi sendiri dan sebagian lainnya dijual atau ditukar dengan bahan makanan. Personel TNI yang bertugas di Pos biasanya memiliki persediaan bahan makanan untuk jangka waktu yang cukup lama. Sehingga, persediaan bahan makanan tersebut dapat ditukar dengan hasil kebun masyarakat yang dibawa ke Pos. Melalui metode barter tersebut terwujud hubungan yang saling menguntungkan, di mana masyarakat tidak perlu pergi jauh ke Kota untuk menjual hasil kebunnya dan cukup mendatangi Pos TNI terdekat. Demikian juga bagi anggota di Pos bisa mendapatkan sayuran yang masih segar dari masyarakat. “ Demikian tuturnya.

Mama Mile Wanimbo yang menerima barter bahan makanan dari Pos Talilime menyampaikan terimakasihnya,” Terimakasih kepada Anak-anak di Pos yang sudah membantu Mama dengan menukar sayuran yang Mama bawa dengan mie instan dan beras sesuai yang Mama butuhkan. Sehingga Mama tidak perlu pergi jauh ke Kota Mulia untuk menjualnya. “ Demikian tuturnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update