Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sinergitas Koarmada III Dengan Pemprov Papua Barat Daya Kibarkan dan Bentangkan Bendera Merah Putih di Pulau Terdepan dan Terluar

8/22/2023 | 05:24 WIB | 0 Views Last Updated 2023-08-21T22:24:59Z


TNI AL/Koarmada III. Koarmada III dan Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya tancapkan dan bentangkan Bendera Merah Putih sebanyak 78 titik dan sepanjang 78 Meter di Pulau Terdepan dan Terluar yaitu Pulau Fani Prov Papua Barat Daya yang terletak di Samudera Pasifik yang berbatasan laut dengan Philipina dan Palau. Senin (21/8/2023).

Dalam kegiatan tersebut Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Singgih Sugiarto yang mewakili Pangkoarmada III Laksamana Muda TNI Rachmad Jayadi, serta Prov Forkopimda Papua Barat Daya mendampingi kunjungan Pj. Gubernur Papua Barat Daya Muhammad Musa’ad dalam rangka memperingati perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-78 di Pulau Fani, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat Daya dengan mengibarkan bendera sebanyak 78 titik serta membentangankan Bendera Merah Putih sepanjang 78 Meter di bibir Pantai Pulau Fani.

Kegiatan ini juga melibatkan TNI-Polri, Forkopimda dan anak-anak sekolah baik tingkat SMA dan SMK di wilayah Sorong maupun anak-anak SMP dari kepulauan Ayau yang dengan antusias menyeberangi lautan dengan sampan untuk ikut mengibarkan Bendera Merah Putih di Pulau Fani.

Pj Gubernur Papua Barat Daya mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bentuk dukungan terhadap semangat kemerdekaan dan bentuk kedekatan Pemerintah dengan Masyarakat, Gubernur berharap bendera-bendera ini tidak hanya berkibar di pesisir pantai pulau terluar, terdepan dan terpencil tetapi juga berkibar dihati setiap warga masyarakat Pulau Fani dan sekitarnya, sehingga tidak sejengkal tanahpun akan lepas dari NKRI.

Ini salah satu pulau terluar yang ada di NKRI, dan ini merupakan tanggung jawab kita untuk tetap menjaga wilayah ini,  agar tetap tidak terpisahkan dari NKRI,  yang terpenting kegiatan ini adalah bentuk dari semangat untuk memastikan, meneguhkan, dan menegaskan kembali bahwa NKRI itu harga mati dan NKRI ada di hati, ungkap Pj Gubernur Papua Barat Daya.

Sementara itu, pada bagian lain kegiatan kunjungan ke Pulau Fani tersebut, juga dilaksanakan kegiatan bakti sosial dan kesehatan yang mendapatkan sambutan hangat dari masyarakat setempat, terbukti dengan antusiasnya masyarakat berdatangan untuk mendapatkan pemeriksaan dan obat gratis dari Dinas Kesehatan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut/ Lantamal  XIV Sorong, nampak  masyarakat merasa bersyukur atas perhatian dari Pemerintah Provinsi Papua Barat Daya dan TNI/ TNI Angkatan Laut dalam kegiatan yang dilaksanakan di Pulau Fani.

Ditempat terpisah Panglima Koarmada III mengungkapkan bahwa selain untuk memperingati HUT Kemerdekaan Republik Indonesia, pemasangan dan pembentangan Bendera Merah Putih di Pulau Terdepan dan Terluar ini juga untuk memastikan bahwa pulau-pulau yang tersebar di berbagai wilayah Papua pada khususnya dapat terjaga dengan baik. Pemasangan Bendera Merah Putih tersebut sekaligus menandai bahwa pulau ini merupakan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, tegas Pangkoarmada III.
 
Kadispen 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update