Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Anggota DPR RI Fraksi PKS Amin Ak Minta Bulog Tambah Pasokan Beras untuk Tenangkan Pasar

9/09/2023 | 13:23 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-09T06:23:15Z

anggota
Anggota DPR RI Fraksi PKS Amin Ak Minta Bulog Tambah Pasokan Beras untuk Tenangkan Pasar



Jakarta, Alasannews.com-Anggota Komisi VI DPR Amin Ak mendorong Perum Bulog mempercepat pendistribusian beras dengan stok yang tersedia melalui operasi pasar guna menstabilkan harga komoditas tersebut. Karena operasi pasar secara besar-besaran diyakini bisa mempengaruhi psikologis pasar dan meredam gejolak harga.

“Perum Bulog mengatakan bahwa stok beras saat ini lebih dari cukup. Hingga akhir tahun 2023 ini stok beras milik Bulog aman. Masalah utama sekarang, bagaimana menyakinkan pasar dengan percepatan stabilisasi stok dan harga beras,” tegas Amin. Sabtu (09/09/2023).

Anggota DPR RI Fraksi PKS menguraikan, pemerintah telah menetapkan kenaikan harga beras operasi pasar atau Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan (SPHP) Bulog sebesar Rp 54.500 untuk ukuran lima kilogram (kg) per 1 September 2023. Harga ini naik Rp 7.000 dari sebelumnya yang sebesar Rp 47 ribu untuk lima kg.
Namun harga tersebut masih jauh dibawah harga pasar beras medium saat ini yang sudah diatas Rp 12 ribu per kg. Selain konsumen akhir, Amin juga mendorong Bulog untuk menggandeng para pedagang beras, khususnya kelompok usaha kecil dan menengah (UKM) dalam mendistribusikan beras Bulog. 

Hanya saja memang perlu pengawasan ekstra agar beras Bulog tidak dioplos seperti beberapa waktu lalu.
Menurut Amin, kecilnya pasokan beras yang diterima pedagang beras kelompok UKM ini menjadi faktor yang mempengaruhi melambungnya harga beras. Padahal Bulog mengklaim sudah melalukan operasi beras.

“Memang ada keterlambatan operasi pasar, tetapi setelah operasi pasar dilakukan Bulog mestinya harga ikut turun. Ini kok nggak, artinya psikologis pasar masih belum bisa ditenangkan oleh operasi pasar ini,” kata Amin. 

Wakil Rakyat dari Dapil Jatim IV itu juga meminta Kementerian Pertanian (Kementan) ikut menenangkan pasar. Kementan menjamin akhir tahun ini akan ada panen dalam jumlah cukup besar setelah Kementan meluncurkan program jumlah tanam tambahan seluas 500 ribu hektar. 

Jika rata-rata dihasilkan 5,5 ton per hektar saja, maka akan ada tambahan produksi 2,75 juta ton gabah atau setara sedikitnya 1,65 juta ton beras. Jumlah tersebut merupakan bagian dari antisipasi dampak el nino yang membuat produksi turun.
Kementan memprediksi, el Nino akan berdampak pada turunnya produksi sebesar 5 persen atau setara 1,5 juta ton. Sehingga secara agregat, produksi beras semestinya mencukupi hingga kwartal pertama tahun 2024.

Namun demikian, Amin mengingatkan Bulog agar bergerak cepat untuk menyerap gabah petani. Karena saat ini, Bulog harus bersaing dengan pemain-pemain besar yang berani membeli gabah petani dengan harga tinggi.

“Fenomena harga gabah tinggi ini harus diantisipasi agar lonjakan harga beras tidak berlarut-larut hingga tahun depan,” kata Amin. (Fendy's).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update