Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Asesmen Bakat Dan Minat DI Gelar SMK KAL-1 Surabaya

11/13/2023 | 13:10 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-13T06:10:58Z



ALASANnews.com,-Untuk pertama kali program Asesmen Bakat  dan Minat bagi sekolah , khususnya di SMK KAL-1 melaksanakan selama 7 sesi  yang di ikuti  oleh seluruh siswa kelas XII ( 169 siswa ) semua jurusan ( TPM, TKR, TITL, TAV dan T.LOG) yang di laksanakan selama 3 hari  Senin (13/11/23)  3 sesi, Rabu ,(15/11/23) 2 sesi dan Kamis (16/11/233) 2 sesi dengan durasi masing-masing 2,5 jam dan pada hari Asesmen Bakat dan Minat siswa tidak di liburkan, dengan kata lain tetap pelajaran biasa sesuai jadwal yang telah di atur oleh Waka Kurikulum Moch SMK KAL-1 Ismail, S.E.


Asesmen Bakat dan Minat  merupakan terobosan baru dari 2 lembaga (BPPP) Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan dan BSKAP)  Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud-Ristek. Program Asesmen Bakat dan Minat baru dilaksanakan untuk pertama kali pada TP.2023/2024 dan khusus bagi siswa kelas XII. Hal ini juga di laksanakan di beberapa  SMK, SMA , MA dan SMP, namun tidak semuanya  melaksanakan ABM karena  tidak wajib dan sifatnya terbatas.


Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd kepada awak media menuturkan bahwa  Asesmen Bakat dan Minat  ini bertujuan untuk menggali informasi mengenai potensi peserta didik pada bidang bidang khusus berdasarkan aspek yang diukur dan kesesuaian dengan minatnya  dan juga untuk memprediksi kemampuan peserta didik jika diberikan kesempatan untuk melanjutkan belajar ke jenjang yang lebih tinggi atau pada situasi yang baru.


Disamping itu Kasatdik SMK KAL-1 Munawar,S.Pd., M.Pd berharap agar dari hasil Asesmen Bakat dan Minat yang dilaksanakan di Satdiknya dapat menjadi tolak ukur kemana siswa berlabuh nanti setelah lulus dari SMK KAL-1.


SMK KAL-1 menjadi salah satu SMK yang berada di naungan Cabang Surabaya dan berdomisili di Komando Pembinaan Doktrin Pendidikan dan Latihan TNI AL (KODIKLATAL) memberikan jalur alternatif untuk pilihan masuk TNI/ POLRI,  melanjutkan ke Perguruan Tinggi sesuai bakat minat mereka, bekerja di dunia usaha / dunia industri DU/DI sesuai kapasitas kemampuan mereka dan menjalankan usaha mereka sesuai hasil Asesmen Bakat dan Minat yg diselenggarakan  2 lembaga (BPPP) Balai Pengelolaan Pengujian Pendidikan dan BSKAP)  Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kemendikbud-Ristek.


Pada hari pertama sesi 1 dan sesi 2 Kasatdik SMK KAL-1 Munawar, S.Pd., M.Pd di dampingi 3 Waka , Waka kurikulum  Moch Ismail, S.E, Waka Kesiswaan Ria Banowati, S.T dan Waka Sarpras Karno Setyo Budi, S.Pd., M.M., M.Pd mengadakan inspeksi pelaksanaan Asesmen Bakat dan Minat yang saat itu di dalam kelas sudah ada guru pengawas ruangan Lelily Novitaningrum, S.Si.,M.Si.


Pelaksanaan Asesmen Bakat dan Minat hari pertama dilaksanakan dalam 3 sesi secara online  selama 2,5 jam dan diharapkan siswa dapat menyelesaikan soal pilihan ganda  lebih dari 200 soal. Menurut pantauan dari Waka Kurikulum siswa SMK KAL-1 rata-rata dapat menyelesaikan soal tanpa hambatan yang berarti( yht/dar).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update