Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kinerja Direktur PDAM Motanang Buol Disoroti, Pj Bupati Buol Diminta Segera Menyikapinya

11/05/2023 | 14:33 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-05T07:33:39Z




Penulis Suleman Dj. Latantu 


Buol alasanNews com. Sejak bergantinya Direktur PDAM Motanang Kabupaten Buol, pengelolaan Manajemen perusahaan milik daerah itu dinilai semakin amburadul bahkan  saat ini  belum dapat memberi kontribusi maksimal, baik terhadap peningkatan pelayanan air bersih kepada masyarakat maupun pengelolaan keuangan PDAM  yang merupakan salah satu sumber pendapatan asli daerah (PAD) Buol. 

"Hal ini perlu segera disikapi serius. Karena pengelolaan managemen saat ini kondisinya dinilai belum maksimal" ujar sejumlah sumber kepada media ini 

Disebutkan, jika  dibandingkan sebelumnya, terutama soal pengelolaan   manajemen perusahaan  pada kepemimpinan Direktur PDAM Motanang yang baru ini dinilai jauh dari harapan

Pada masa kepemimpinan Direktur PDAM Motanang  sebelumnya,   pengelolaan menagemen perusahaan maupun distribusi pelayanan air minum kepada masyarakat dinilai sudah memenuhi standar.

Bahkan berdasarkan hasil audit BPK RI Perwakilan Sulteng  perusahaan tersebut  mendapat predikat  penilaian WTP dengan kategori kondisi sehat. Sehingga dengan kondisi tersebut PDAM kala itu dapat memberikan konstribusi deviden keuntunganya kepada Pemda Buol 

" Nah, untuk pengelolaan managemen PDAM saat ini, kami melihat  tidak ada kemajuan bahkan  terkesan justru makin "sakit", terutama dalam hal pengelolaan keuangan PDAM itu sendiri. Bayangkan saja  kondisi PDAM saat ini  belum  bisa memberikan kontribusi  sesuai harapan terutama pemberian deviden kepada Pemda Buol, papar mereka  menambahkan.

Seperti pernah dilansir media ini sebelumnya Ketua Badan Pengawas PDAM Motanang Buol Aryanto Rioeh mengatakan pihaknya  segera  melakukan evaluasi terhadap kondisi pengelolaan manajemen PDAM selama ini.  Dan selanjutnya akan meniklanjuti laporan kepada Bupati Buol sebagai pemilik perusahaan. 
"Jadi, sebagai Badan Pengawas tentunya  kami akan 
melalukan evaluasi dan melaporkanya kepada Bupati tentang apa dan bagaimana pengelolaan managemen PDAM Motanang tersebut" jelasnya. 

Namun terkait pernyataan  Ketua BP Aryanto Rioeh yang pernah dilansir sebelumnya, hingga saat ini belum diperoleh Informasi selanjutnya  apakah Ketua BP itu sudah melaporkan hal itu kepada Bupati Buol atau belum.

Sementara informasi lain yang diperoleh media ini menyebutkan, belum tuntas permasalahan terkait pengelolaan manajemen yang dinilai amburadul, Direktur PDAM Motanang  Mohamad Cahyoni ST telah memberhentikan 8 orang pegawai PDAM, diantaranya 4 orang dipecat dan 4 orang lainnya discorsing selama 6 bulan. 

Tindakan pemberhentian terhadap 8 orang pegawai PDAM yang dilakukan Direktur PDAM itu itu dinilai tidak sesuai prosedur dan mekanisme yang berlaku. 

"Pemberhentian itu adalah tindakan sewenang-wenang.  Kami sendiri tidak mengetahui apa kesalahan sehingga kami diberhentikan. Sementara sebelumnya kami juga tidak pernah diperiksa atau diberi peringatan teguran baik lisan maupun tertulis jika kami telah melakukan pelanggan" terang salah seorang eks pagawai PDAM yang dipecat kepada media ini. 

Sementara ia menyebutkan, selama menjabat,  Direktur PDAM Motanang Buol Mohamad Cahyono,ST diduga banyak  melakukan kesalahan sebagaimana yang diatur dalam PP 54 dan Permendagri No 118 tahun 2018. 

Dimana sesuai PP dan Permendagri tersebut  Direktur PDAM Motanang dalam melaksanakan tugasnya tidak pernah membuat Rencana Bisnis ( RENBIS ) untuk 5 tahun dan tidak membuat Rencana Anggaran Perusahaan ( RKAP ) serta tidak membuat laporan bulanan, triwulan maupun laporan tahunan.

Sementara Direktur PDAM Motanang Mohamad Cahyono ST yang dihubungi media ini melalui via telpon untuk keperluan konfirmasi tidak mengangkat telponya. 

"Klo menurut sy baik2 sja ow operasionalnya masi jalan klo masalah menejemen. Namanya juga baru jadi dirut pasti da kekurangan2, tapi semua itu teratasi dengan keterlibatan semua pihak" ujar Ketua BP Ariyanto Rioeh via chat wa kepada media ini.

Menyusul terkait permasalahan yang terjadi di PDAM Motanang selama ini Pj. Bupati Buol  diminta segera menyikapi serius untuk menyelesaikanya sebelum terjadi permasalahan yang lebih parah

"Pj Bupati Buol harus  sesegera mungkin menyikapi permasalahan yang terjadi di PDAM Motanang" ujar sumber lainnya kepada media ini **

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update