Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menggapai Ilmu di Dunia Nyata: Pelajar SMK Terinspirasi dan Berprestasi Selama Magang di PT Timah

11/14/2023 | 08:47 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-14T01:47:47Z



PANGKALPINANG– Untuk mendukung kegiatan pendidikan dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia PT Timah Tbk memfasilitasi para pelajar untuk untuk belajar praktik atau magang di PT Timah Tbk.
Hampir setiap tahun PT Timah Tbk memfasilitasi para pelajar SMK dari Provinsi Kepulauan Bangka Belitung maupun provinsi lainnya untuk belajar secara langsung di lingkungan kerja PT Timah Tbk.
Program magang merupakan salah satu upaya PT Timah Tbk untuk mendukung kegiatan pendidikan. Melalui pembelajaran secara langsung diharapkan para pelajar SMK dapat berlatih menyesuaikan diri dengan dunia kerja.
Tak heran PT Timah Tbk menjadi salah satu tempat magang yang diminati para pelajar SMK. Pada tahun 2023 tercatat 164 orang siswa-siswi yang magang atau praktik kerja lapangan di PT Timah Tbk.
Anggota holding Industri pertambangan MIND ID PT Timah Tbk merupakan Perusahaan tambang terbesar di Indonesia dan dikenal dengan BUMN yang menjadi alasan bagi para pelajar menjadi tempat magang idaman.
Bilqis salah satu pelajar yang magang di PT Timah Tbk dari SMKN 2 Garut, Jawa Barat. Meski harus lintas Provinsi kata dia bukan masalah agar bisa magang di PT Timah Tbk.
“Dari dulu memang sudah bercita-cita kalau magang mau di PT Timah Tbk. Enggak jadi masalah jaraknya yang jauh karena PT Timah Tbk idaman banget untuk dijadikan tempat Magang," kata siswa yang saat ini magang di Divisi Eskplorasi PT Timah Tbk.
Padahal kata dia, dari sekolahnya memberikan beberapa pilihan perusahaan untuk magang
seperti di Pemerintahan maupun non Pemerintahan. Namun ia sangat tertarik dan memilih untuk magang atau praktik kerja lapangan di PT Timah Tbk.
“Sebenarnya ada opsi dari sekolah jadi ada PT Timah dan PT lainnya cuman kalau pilihannya itu tergantung diri sendiri juga. Kebutulan saya memang antusias mau magang di PT Timah Tbk,” katanya.
Ia menceritakan, dirinya memilih magang di PT Timah Tbk lantaran mendengarkan cerita dari kakak tingkatnya yang mendapatkan pengalaman dan pengetahuan yang baru dengan magang di PT Timah Tbk.
“Magang di PT Timah Tbk ini aku bisa belajar banyak ketimbang dari tempat yang lain, soalnya aku juga dengar dari beberapa kakak tingkat yang sudah magang di sini kalau magang di PT Timah Tbk itu asik dan dapat pengalaman yang banyak," katanya.
Menurutnya, banyak ilmu baru yang ia dapatkan selama magang di PT Timah Tbk.
“Sejauh ini banyak banget ilmu baru saya dapatkan yang mana saat disekolah belum dipelajari. Seperti mengolah data eksplorasi, belajar memo bor, bor darat, bor laut dan juga langsung di praktikan di laboratorium," sebutnya.
Senada, Putra cahyadi salah satu siswa SMKN 2 Koba yang juga melakukan praktik kerja lapangan di PT Timah Tbk.

“PT Timah Tbk itu Perusahaan ternama, BUMN jadi punya kebanggan tersendiri kalau magang di PT Timah Tbk. saya sangat senang bisa kesampaian magang di PT Timah Tbk karena idaman sekal dan ini sesuai dengan kejuruan di sekolah saya,"ucapnya.
Menurut Putra, banyak sekali ilmu yang diperolehnya selama magang di PT Timah Tbk.
“Saya banyak belajar praktik disini yang belum saya dapatkan disekolah. Seperti menginput data diaplikasi dan menggunakan aplikasi baru yang belum pernah saya pelajari di Sekolah," katanya.
Selama proses magang berlangsung menurutnya, pihaknya juga mendapatkan bimbingan dan dukungan penuh dari PT Timah Tbk.
“Alhamdulillah selama magang saya merasa didukung sekali oleh PT Timah Tbk, saya benar-benar dibimbing dari yang tadinya tidak tahu apa-apa sekarang saya sudah bisa menggunakan aplikasi yang diperlukan. Selain itu saya merasakan anak magang tidak dibedakan dengan karyawan," ucapnya.
Putra mengatakan, selama magang di PT Timah Tbk memiliki banyak kesan seperti mendapatkan gambaran tentang dunia kerja.
“Selama magang di sini seru sekali. Ternyata lingkungan kerja itu nggak sesuai yang saya bayangkan, tadinya saya membayangkan kalau di dunia kerja itu tegang, ternyata di PT Timah asik. Banyak hal baru yang saya dapatkan selama disini. Harapan saya kedepan semoga PT Timah Tbk selalu bisa menebar ilmu baik di dunia Pendidikan melalui program magang ini," ujarnya.
Guru Pembina siswa magang dari SMKN 2 Koba Ardian sufandi mengatakan, tahun 2023 pihaknya mengirimkan sembilan orang untuk magang di PT Timah Tbk. Ini merupakan tahun pertama sekolah mereka mengirimkan para siswa-siswinya melakukan magang di PT Timah Tbk.
“PT Timah Tbk merupakan Perusahaan BUMN, jadi pastinya ilmu yang diperoleh anak-anak akan up date sesuai dengan perkembangan zaman di Perusahaan," katanya.
Menurutnya, PT Timah Tbk sangat baik sekali dalam membimbing para siswa-siswinya. Selain itu PT Timah Tbk Tbk sangat welcome terhadap kemajuan Pendidikan terkhususnya di wilayah Bangka Belitung.
“Harapan saya mereka bisa mensikronisasikan mata pelajaran di sekolah dan dunia kerja, mereka bisa banyak belajar terkait seperti mata pelajaran humas, kepegawaian, sarana prasarana perusahaan, kas kecil perusahaan, kearsipan, dan korespondensi," harapnya. (Sumber : Humas PT Timah Tbk, Publisher : KBO Babel)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update