Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kunjungan Konsultan Program TPBIS Perpusnas RI ke Kota Langsa Aceh

12/14/2023 | 23:06 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-14T16:06:41Z

Kota Langsa Aceh , Alasannews.com - Kunjungan konsultan progeram TPBIS RI koordinator propinsi Aceh Bapak Miftahul Khairi ke  Perpustakaan Gampong Mitra TPBIS Tahun 2023 yaitu Perpustakaan Gampung Blang Seunibong yang di kelola oleh Mahlindawati, S.sos.i   Perpustakaan Gampung Daulat yang di kelola oleh Nurhayani, A.ma.pd. dan Gampung Karang Anyar yang di kelola oleh Erni Agustina di dampingi oleh Kabid Perpustakaan Bapak Eddy Mukhti SE, M.AP bersama Pustakawan Dinas Perpustakaan & Kearsipan Kota Langsa sebagai PIC dan Fasda Program TPBIS Sabila Devia Miranti, S.Sos, Fatmawati, A.Md dan Mirza Febry Sanra, S.Sos  serta Sekretaris DPMG Kota Langsa Ibu Erni Yanti S, STP, M.SP.

Kepala dinas perpustakaan dan kearsipan kota langsa M.Syarif S.pd. melalui Kepala Bidang Perpustakaan EDDY MUKHTI. SE.M.AP Menyampaikan bahwa, Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial (TPBIS) adalah peningkatan peran dan fungsi Perpustakaan, melalui pelibatan masyarakat sebagai wahana belajar sepanjang hayat. Sehingga dapat meningkatkan kualitas hidup dan kesejahteraan pengguna Perpustakaan.


Metode yang digunakan dalam TPBIS ini Ungkap EDDY adalah peningkatan layanan informasi dengan penyelenggaraan Capacity Building bagi pustakawan dan tenaga perpustakaan. Sehingga perpustakaan desa dapat mendukung berprosesnya knowledge transfer.

“Tujuan diselenggarakannya TPBIS ini secara umum terangkum dalam arah kebijakan Perpustakaan Nasional Tahun 2020 - 2024. Yaitu, peningkatan budaya literasi melalui pemasyarakatan kegemaran membaca, penguatan konten literasi dan transformasi perpustakaan melalui peningkatan akses dan kualitas layanan berbasis inklusi sosial bagi terwujudnya masyarakat berpengetahuan, inovatif, kreatif dan berkarakter. Secara spesifik, tujuan TPBIS adalah terciptanya masyarakat sejahtera melalui transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial,” bebernya.

Adapun bantuan yang telah diberikan dari Program TPBIS kepada Perpustakaan gampong yang telah bermitra pada Tahun 2023 berupa Komputer 3 Unit, Server 1 unit , paket internet 1 unit, modem internet wifi 4G GSM dengan starter 1 unit ,Printer 1 unit , Smart TV 1 unit 42 inc, Rak Buku dua buah serta Koleksi Buku bacaan 300 eksemplar.

Harapan kita kedepan agar seluruh perpustakaan gampong di Kota Langsa dapat bermitra dengan Program TPBIS dari Perpusnas RI dan mendapatkan bantuan yang sama sehingga dapat mengembangkan perpustakaan gampong menjadi lebih baik dan menciptakan SDM yang lebih unggul serta berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat Kota Langsa dan gampung tandasnya. (zal)


Editor : Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update