Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Sejumlah Figur Calon Bupati Buol 2024, Apakah Sudah Memiliki Ide, Konsep dan Gagasan Untuk Membangun Buol

12/13/2023 | 09:13 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-13T02:13:19Z

Ibrahim R Mangge, Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu

Penulis Suleman Latantu


Buol, AlasanNews com..Jelang Pemilukada Bupati dan wakil Bupati Buol 2024, sejumlah figur calon Bupati belakang ini mulai mencuat dengan latar belakang kafasitas yang berbeda, baik politisi, birokrat maupun TNI.

Mencermati penomena tersebut, Ibrahim Mangge yang notabene Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Datokarama Palu, berpendapat, sebagai warga Negara yang dinilai telah memenuhi syarat tentunya berhak untuk mencalonkan ataupun dicalonkan oleh Partai Politik.

Namun menurut Ibrahim, persyaratan administrasi, dukungan partai politik  serta dukungan finansial  yang menjadi landasan berpijak seorang figur calon Bupati itu  tidak bisa dijadikan tolok ukur  bahwa seorang figur itu mampu dan bisa menjadi calon pemimpin,  tandasnya 
 
Persyaratan administrasi, dukungan partai politik, finansial serta dukungan masyarakat  hanyalah salah satu landasan berpijak seorang figur bisa  mencalonkan ataupun dicalonkan, ujar Ibrahim kepada media ini. 

Hal  paling pokok dan penting yang perlu dicermati dan dinilai dari individu figur calon tersebut adalah.soal  Ide, Konsep dan gagasan, serta fakta dan karyanya sebelum akhirnya berkeinginan maju sebagai calon Bupati Buol. 

Nah, pertanyaannya, apakah semua figur calon yang bakal maju memiliki Ide, Konsep dan Gagasan tersebut ?

Dan ini baru soal Ide, Konsep Dan Gagasan, belum soal dirinya keluarganya, kesiapan jaringanya termasuk diantaranya kesiapan logistiknya, papar Ibrahim 

Selanjutnya Ibrahim  yang notabene putra asli Buol Paleleh itu melalui media ini memaparkan lebih rinci  soal pilosofi  Ide, Konsep dan Gagasan.

Disebutkan, IDE itu adalah salah satu hal penting. Karena Ide tersebut akan mengulas dan mengedepankan rancang bangun buol secara integratif dan interkonektif sehingga penyelesaian masalah-masalah krusial dan mendasar, tidak parsial dan atomistik.

Dan menyusul soal  KONSEP, yakni  mengedepankan hati, Rasa, bathin melihat masyarakat bukan sebagai objek, tapi sebagai subjek. Sehingga melahirkan kepekaan atas kebutuhan dasar masyarakat. 

Sedang GAGASAN mengedepankan pola kerja, pola tindak yang lebih partisipatif, bersama elemen masyarakat untuk memajukan Peradaban Masyarakat Buol.

"Jadi, saya menilai figur calon Bupati yang merupakan putra daerah itu, semuanya memenuhi syarat dan punya kemampuan SDM yang mumpuni. Hanya saja yang perlu di garis bawahi adalah  soal kesiapan  Ide, Konsep dan Gagasan tersebut bisa diimplementasikan secara komprehensif" tandas Ibrahim ***

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update