Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pelatihan Pembuatan Biosaka Pada Poktan Pisak Lestari di Dusun Dawar Berjalan Sukses

3/10/2024 | 23:36 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-10T16:36:31Z

Bengkayang KALBAR , Alasannews.com - Pelatihan pembuatan Blosaka pada kelompok Tani Pisak Lestari ,dusun Dawar, Desa PISAK, Kecamatan Tujuh Belas, Kabupaten Bengkayang,(3-4/3/2024).

Pelatihan pembuatan Blosaka tersebut di Latih langsung oleh Bapak Ir.Mei Irmoko,selaku Ketua FASDA Kalbar.


Ir.Mei Irmoko mengatakan bahwa,"Pelatihan pembuatan Blosak ini bertujuan agar para petani khususnya Kelompok Tani Pisak Lestari ini, dapat menekan beban biaya produksi,Karna pengaplikasian Biosaka ini akan dapat menekan penggunaan pupuk kimia sebesar 50 ℅."Jelasnya.


Ir. Mei Irmoko lebih jauh menyampaikan,bahwa Pelatihan ini bagian dari kegiatan Pemberdayaan Masyarakat,Hal ini menjadi penting dikarenakan bahwa Pemberdayaan masyarakat merupakan suatu upaya membebaskan masyarakat dari ketidak berdayaannya,"katanya.


"Oleh sebab itu perlunya sebuah komitmen untuk membangun peningkatan kapasitas SDM petani, dan hal ini seharusnya dapat dikolaborasikan dengan para Stakeholder, sehingga kerja sama ini diharapkan dapat membawa sebuah perubahan dengan tolak ukur, terjadinya sebuah perubahan managemen pengelolaan usaha tani mereka semangkin baik dan efektif sehingga out putnya adalah terjadinya peningkatan produksi pada lahan usaha tani mereka,"Papar Mei Irmoko.


Rendi,Perwakilan dari Desa PISAK yang hadir dan membuka secara resmi kegiatan pelatihan tersebut mengatakan,"bahwa kami akan berupaya mensinergikan kegiatan di bidang pertanian ini, agar kedepannya dapat dilakukan untuk seluruh kelompok tani yang ada di Desa PISAK ini,"ujar Rendi.


Selanjutnya salah satu Tokoh Agama, Bapak Semion Akit di kesempatan kegiatan pelatihan tersebut mengusulkan,"agar kelompok tani Pisak Lestari yang di ketuai oleh Bapak Baru mengatan bahwa Sebaiknya Kelompok Pisak Lestari membuat satu areal penanaman jagung yang berbasis pada usaha bersama guna peningkatan pendapatan dan kesejahteraan anggota kelompok,"harapnya.

Hal ini di sambut baik oleh Ir. Mei Irmoko selalu pembina Pokta Pisak Lestari yang ada di Dusun Dawar ini, dan usulan ini telah dibahas bersama di internal kelompok dengan konsep penyertaan modal dari anggota. Dan insya Allah awal bulan April 2024 ini, kita akan merealisasikan penanaman jagung untuk pakan ternak seluas satu hektar dan selanjutnya pada musim tanam berikutnya kelompok Pisak Lestari ini akan mencanangkan pengembangan tanaman jagung seluas 5 hektar,"Tutupnya.

Red: Gugun

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update