Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Massa Sempat Ricuh! Formabes Tuntut Realisasi Rumah Sakit Tipe D

3/28/2022 | 12:54 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-28T05:55:06Z


Lombok Timur, alasannews --
Ratusan massa aksi yang menuntut percepatan realisasi Rumah Sakit Tipe D Masbagik merangsek masuk ke halaman Kantor Bupati. Massa pun membubarkan diri setelah Sekda menemui massa aksi. 


Forum Masbagik Bersatu (Formabes), Forum Komunikasi Kepala Desa (FKKD) Kecamatan Masbagik, mahasiswa dan masyarakat Masbagik gelar aksi demonstrasi menuntut realisasi perubahan status Puskesmas Masbagik Baru menjadi RSUD Rumah Sakit Tipe D.

Ketua Formabes, Ade Surya dalam orasinya menyebut masyarakat Masbagik yang berpopulasi terbesar di Lombok Timur sangat membutuhkan kehadiran Rumah Sakit Tipe D di kecamatan itu, tapi terkesan selama ini Pemda Lombok Timur terkesan tidak serius untuk merealisasikan fasilitas kesehatan itu.

"Kami sudah gedor DPRD, dan mereka setuju. Tapi Pemda terkesan setengah hati, dengan hanya menganggarkan Rp750 juta," katanya Senin (28/03/2022).

Senada, Ketua FKKD Kecamatan Masbagik yang juga Kepala Desa Masbagik Baru, Khairil Ikhsan menuding komitmen pejabat terkait selaku pembantu Bupati Lombok Timur terkesan abai, dan membuat laporan manipulatif terhadap percepatan realisasi Rumah Sakit Tipe D.

"Kami tidak meragukan komitmen Bupati, tapi para pembantunya membuat laporan Asal Babak Senang saja, sehingga terkesan semua jalan di tempat," cetusnya.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Lombok Timur, HM Juaini Taofik yang menemui massa aksi menyebut jika saat ini Bupati telah menekan Surat Keputusan tentang pembentukan Rumah Sakit Tipe D di Masbagik, sebagai tindak lanjut atas persetujuan dari legislatif terkait dengan standar kelayakan. 

Ia juga menyatakan selalu ketua pembentukan Rumah Sakit Tipe D, pihaknya akan bekerja sesuai prosedur dan administratif. Di mana dikatakan dia di tahun 2023, direncanakan Rp16 miliar untuk pembelian alat kesehatan.

"Bupati telah memerintahkan kepada TAPD untuk menganggarkan Rp16 miliar untuk pengadaan alkes tahun 2023 untuk Rumah Sakit Pratama Masbagik," tuturnya.

Masih kata Taofik, Bupati juga berpesan akan menerima perwakilan massa aksi pada (29/03) untuk membahas percepatan realisasi Rumah Sakit Tipe D Masbagik, sebab saat ini Bupati tengah menerima Bupati Kotawaringin di ruang kerjanya.

"Besok bapak Bupati menerima perwakilan rekan semua, kita bahas terkait kelayakan dengan tim, agar secepatnya Rumah Sakit Pratama Masbagik terealisasi," sebutnya.
Gita purnadi, salah satu orator juga menyampaikan bahwa RS Tipe D ini harus terealisasi, " kami sudah sampaikan ke Ketua DPRRi ibu puan maharani dan Ketua MPRRI bapak Bambang Soesatyo, RS Tipe D di kecamatan masbagik Lombok Timur  NTB supaya di Backup dengan DAK".

Dalam aksi demontrasi itu, massa aksi merangsek masuk ke halaman Kantor Bupati, setelah sebelumnya gerbang yang dijaga oleh aparat keamanan diterobos, sehingga sempat terjadi benturan fisik antara massa aksi dan aparat keamanan.

Lipsus: Jalal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update