Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dua Kapal Patroli Cepat Produk Anak Bangsa Perkuat Jajaran Koarmada III

8/31/2022 | 18:28 WIB | 0 Views Last Updated 2022-08-31T11:28:44Z




ALASAN, Jakarta
Bertempat di Dermaga Marina Batavia, Jakarta Utara, Kepala Staf Koarmada III Laksamana Pertama TNI Yeheskiel Katiandagho S.E., M.M., M.H menghadiri upacara peresmian dua kapal perang jenis patroli cepat buatan dalam negeri yaitu KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875, dimana  peresmian tersebut dipimpin  Wakil Kepala Staf Angkatan Laut (Wakasal) Laksamana Madya TNI Ahmadi Heri Purwono. Rabu (31/08/22).

Sebelumnya KRI Dorang-874 dan KRI Bawal-875 resmi menjadi bagian TNI Angkatan Laut setelah melalui serah terima dari pihak PT Caputra Mitra Sejati kepada Kepala Dinas Pengadaan TNI Angkatan Laut (Kadisadal) Laksamana Pertama Maman Rohman.

Pada kesempatan tersebut juga Wakasal mengukuhkan komandan untuk kedua kapal perang tersebut, yaitu  Mayor Laut (P) Ardita Yudha Prawira sebagai komandan KRI Dorang-874 dan  Mayor Laut (P) Ary Mahayasa sebagai Komandan  KRI Bawal-875, adapun Kedua perwira menengah Angkatan Laut tersebut merupakan alumni Akademi Angkatan Laut (AAL) angkatan 50.

Dikatakan Wakasal, bahwa kedua kapal perang tersebut merupakan produk buatan industri pertahanan dalam negeri, yaitu PT Caputra Mitra Sejati yang berdomisili di Banten, hal tersebut membuktikan komitmen Angkatan Laut untuk menggunakan produk-produk dalam negeri sesuai dengan perintah Presiden Republik Indonesi Joko Widodo

Selain itu kedua kapal perang tersebut dilengkapi dengan sistem dan teknologi terbaru, sehingga kualitasnya tidak kalah dari kapal perang buatan luar negeri. Dimana kendali sistem kapal tersebut dapat dikontrol melalui dua tempat sekaligus, yaitu dari anjungan kapal dan ruang mesin.

Adapun spesifikasi kapal yaitu, dengan panjang 60 meter, lebar 8,5 meter, dan berat total 520 ton, diperkuat dengan senjata 1 pucuk Meriam Bofors 40 milimeter dan 2 pucuk senjata mitraliur 12,5 milimeter, selain itu juga didukung dengan radar surveillance yang mampu menjangkau sekitar 100 mil.

Selanjutnya kedua KRI akan bertugas di Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut/ Lantamal IX Ambon dan Lantamal XIV Sorong yang berada di bawah Komando Armada III/ Koarmada III.

Kadispen Koarmada III/ Kolonel  Laut (KH) R Doni Kundrat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update