Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Menyikapi G20 Leaders' Summit 2022: Civil20 Ajak Pemimpin G20 Wujudkan Pemulihan yang Adil untuk Semua

11/12/2022 | 16:09 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-12T09:09:50Z


Jakarta--Mengajak G20 Wujudkan Pemulihan yang Adil untuk Semua” telah sejalan dengan Civil 20 (C20) dalam mengartikulasikan suara rakyat selama satu tahun terakhir yang menghasilkan lebih dari 20 rekomendasi untuk G20. Perjalanan dimulai pada Oktober 2021 untuk mengumpulkan anggota dan menghasilkan tujuh kelompok kerja. Kick-Off Meeting di Bali, Maret 2021, secara resmi memulai proses engagement C20 dan dilanjutkan dengan Policy Dialogue dengan pemerintah pada Juli, tindak lanjut expert meeting pada Agustus, C20 Pre-Summit Virtual Roadshow dan People's Caravan pada September, dan C20 Summit pada bulan Oktober. Melalui metode yang inklusif, terbuka, dan partisipatif, C20 telah mencapai lebih dari lima puluh pertemuan internasional dan nasional; tanpa meninggalkan siapapun.

Tidak hanya inklusivitas, kerja keras C20—Policy Pack and Communique—telah berhasil diterima oleh Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto atas nama Presiden Indonesia Joko Widodo dan menjadi point of view yang berharga di C20 Summit. Namun, Summit bukanlah akhir dari perjalanan C20. C20 terus menyuarakan rekomendasi, mengadakan pertemuan konsolidasi dengan CSO di seluruh dunia, dan melakukan berbagai side event untuk mengadvokasi rekomendasi menanggapi KTT G20 mendatang pada 15-16 November 2022.

“Saat ini kami sedang mengirimkan Communique and Policy Pack ke semua negara anggota G20 melalui kedutaannya di Jakarta dan kepada negara-negara undangan serta organisasi internasional, kami juga meminta untuk bertemu dengan delegasi G20 yang akan menghadiri KTT Pemimpin G20 pada 15-16 November 2022 di Bali.Kepresidenan C20 Indonesia akan juga mengadakan beberapa side event pada 13-14 November 2022 di Bali.Kami berharap komitmen G20 untuk “pulih lebih kuat, pulih bersama” terwujud di semua sektor dan tidak direndahkan oleh kontestasi geopolitik, dan mengutamakan kemanusiaan. Kami berharap KTT Pemimpin G20 2022 berhasil menghasilkan “leaders declaration” yang mencerminkan tindakan nyata dan berkelanjutan serta bermanfaat bagi semua warga negara di seluruh dunia." kata Ah Maftuchan, Sherpa C20.

Berperan menjadi Troika dalam Kepresidenan C20 India 2023, pemimpin C20 Indonesia telah berencana untuk mempertahankan kerja C20 melalui G20 dengan inklusivitas dan independensi. Tradisi ini — inklusivitas dan independensi — harus dilanjutkan ke Kepresidenan India C20. “Inklusivitas dan independensi C20 sebagai kelompok keterlibatan resmi G20 harus dijamin, dihormati, dan dihormati. Para pemimpin C20 Indonesia berharap transisi kepresidenan ke India berjalan dengan baik dan dapat memastikan keterlibatan dan partisipasi CSO yang berarti. Selama Kepresidenan Indonesia, Pemerintah Indonesia tidak pernah mengintervensi kerja C20. C20 memiliki semua kebebasan untuk menetapkan pemerintahannya, memperluas keanggotaannya dan mengembangkan paket kebijakan dan rekomendasi kebijakan C20. C20, tanpa campur tangan dari Pemerintah Indonesia, dapat mengadakan berbagai konsultan di tingkat internasional, nasional, dan sub-nasional. Presidensi G20 Indonesia yang telah memberikan ruang, kebebasan, dan pengakuan kepada CSO kepada kami, memang merupakan bukti nyata bahwa proses G20 Indonesia 2022 masih inklusif,” ujar Sugeng Bahagijo, Ketua C20.

Rekomendasi kebijakan C20 yang telah diakomodasi oleh G20 dapat dilihat pada tabel di bawah ini, dimana masing-masing Working Group C20 akan meneruskan beberapa isu ke C20 India Presidency.

Rekomendasi yang diakomodasi oleh G20

Anti Corruption Working Group (ACWG):

C20 ACWG Prioritas isu: Anti pencucian uang dan pemulihan aset, Transparansi Beneficial Ownership, Pemberantasan korupsi dalam transisi energi, Kontrak terbuka, Transparansi dan integritas Perusahaan.

G20 ACWG tidak membahas korupsi di sektor swasta, baik mengenai transparansi ultimate beneficiary maupun transparansi dan integritas korporasi.

Pada Pertemuan Dialog Kebijakan Nasional C20 – G20 di Jakarta, 27 Juli 2022, Rolliansyah Soemirat selaku Ketua ACWG G20 mengatakan bahwa ACWG G20 akan membahas rekomendasi C20 ACWG mengenai transparansi pemilik akhir untuk mencegah pencucian uang dan mengenai pertukaran Data BO antar negara anggota G-20. Di tingkat nasional, Pemerintah Indonesia juga bekerja lebih keras untuk memenuhi standar internasional, seperti Financial Action Task Force (FATF). Indonesia merupakan satu-satunya negara anggota G-20 yang belum menjadi anggota FATF.

Kartika yang juga merupakan perwakilan KPK selaku Ketua G20 ACWG menyatakan bahwa transparansi perusahaan tidak dibahas secara eksplisit dalam Kepresidenan G20 Indonesia 2022. Namun isu ini menjadi salah satu prioritas pencegahan korupsi di Indonesia karena telah menjadi topik pembicaraan sejak ACWG 2014.

Education, Digitalization, and Civic Space Working Group (EDCSWG):

Education Working Group (EdWG) G20 mengundang C20 Education, Digitalization and Civic Space Working Group (EDCSWG), khususnya Sub-Working Group Pendidikan, memberikan intervensi 3 menit tentang Solidaritas dan Kemitraan pada Pertemuan EdWG G20 ke-3 pada 27 – 28 Juli 2022. Siaran pers Kementerian RI Kemendikbud/Kemdikbudristek dapat dilihat di sini, dan pernyataan C20 disampaikan oleh Koordinator EDCSWG, Imelda T. Usnadibrata, di sini.

Rekomendasi Kelompok Kerja Sub Pendidikan C20 telah diselaraskan dengan pernyataan EdWG G20. G20 EdWG dan Sub-Working Group Pendidikan C20 telah berbagi kesamaan. Sub-Pokja Pendidikan C20 berharap Pendidikan tetap menjadi prioritas dalam kepresidenan berikutnya.

Environment, Climate Justice, and Energy Transition Working Group (ECEWG):

1. Menteri mengakui rekomendasi C20 tentang keadilan iklim, terutama melibatkan partisipasi masyarakat rentan, masyarakat adat dan masyarakat lokal, mengatasi masalah kerugian dan kerusakan untuk tidak menciptakan lebih banyak utang di negara-negara berkembang.

2. Menteri Lingkungan dan Iklim berkomitmen untuk meningkatkan partisipasi lembaga keuangan publik dan swasta dalam keuangan berkelanjutan, namun C20 ingin lebih menekankan kepada para pemimpin G20 untuk memberikan insentif bagi sektor hijau, dan untuk lebih lanjut mengatasi pertumbuhan pekerjaan hijau dan dampaknya terhadap sektor ketenagakerjaan.

3. Dalam rekomendasi pengelolaan sampah, G20 hanya membahas masalah plastik sebagai polusi, namun gagal mengatasi masalah utama sampah plastik adalah produksi plastik sekali pakai.

4. Di bidang energi, para Menteri Energi membahas beberapa isu umum yang diusulkan C20, termasuk mempertimbangkan efisiensi energi untuk mempercepat transisi energi dan menyelaraskan dengan UNFCCC dan Paris Agreement.

Gender Equality and Disability Working Group (GEDWG):

G20 Indonesia yang membahas pasar tenaga kerja inklusif bagi penyandang
disabilitas, meningkatkan pengembangan sumber daya manusia melalui pelatihan kejuruan berbasis masyarakat, mempromosikan kewirausahaan sebagai langkah penciptaan lapangan kerja, mengembangkan perlindungan sosial yang adaptif untuk semua pekerja, sebagai hasil dari Kelompok Kerja Ketenagakerjaan G20.

SDGs and Humanitarian Working Group:

Pembangunan G20 mengakomodasi rekomendasi Perlindungan Sosial Adaptif. Sedangkan dana kemanusiaan yang telah terpenuhi baru mencapai US$20,7 miliar atau hanya 41% dari total dana yang dibutuhkan.

Para pemimpin G20 kembali dituntut komitmen kemanusiaannya untuk menjamin terpenuhinya hak atas bantuan dan perlindungan bagi ratusan juta penduduk bumi yang terjebak dalam krisis kemanusiaan.

Taxation and Sustainable Finance Working Group (TSFWG):

Pada masalah keuangan berkelanjutan, SFWG G20 meluncurkan dasbor untuk melacak kemajuan pekerjaan mereka. Platform ini berisi informasi tentang data dan rekomendasi yang dikembangkan oleh WG. Menurut laporan Keuangan Berkelanjutan, masih kurangnya komitmen kuat yang dibuat oleh G20.

Sementara itu, C20 meminta agenda keuangan berkelanjutan G20 yang lebih progresif, inklusif, dan koheren melalui penerapan langkah-langkah regulasi dan mengikat secara hukum di samping pendekatan sukarela/berbasis pasar.

Mengenai masalah utang negara, G20 menjanjikan sebesar USD 73 miliar melalui penyaluran sukarela Hak Penarikan Khusus (SDR) atau kontribusi yang setara, dan menyerukan janji lebih lanjut dari semua negara yang bersedia dan mampu untuk memenuhi total ambisi global sebesar USD 100 miliar sukarela. kontribusi untuk negara-negara yang paling membutuhkan. Sementara itu, C20 meminta pembatalan utang.

Vaccine Access and Global Health Working Group (VAHWG)
Masalah prioritas:

1. Arsitektur Kesehatan Global yang Inklusif.
2. Memperluas Akses ke semua COVID-19 dan semua Kebutuhan Kesehatan.
3.Memperkuat ekosistem kesehatan global.
4. Pencapaian Universal Health Coverage.

Aksi-aksi kunci dari Pertemuan Menteri Kesehatan G20:

1. Komitmen terhadap “Pandemic Fund” atau Dana Perantara Keuangan (FIF) untuk Pencegahan, Kesiapsiagaan, dan Respon Pandemi,
2. Penguatan ACT-Accelerator,
3. Penguatan mekanisme berbagi data pengawasan genomik,
4. Sertifikat Digital,
5. Penguatan Kesenjangan analisis terkait dengan manufaktur dan penelitian
6. Komitmen pembiayaan untuk TB, satu kesehatan, dan resistensi antimikroba.

Catatan kritis tambahan dari Isu Prioritas dan Tindakan Utama:

1. Para Menteri Kesehatan G20 menyadari peran penting organisasi masyarakat sipil dan komitmen mereka untuk bekerja sama, tetapi masih belum ada komitmen yang kuat untuk membentuk perwakilan organisasi masyarakat sipil dalam posisi yang setara di Dewan Dana Pandemi.

2. Tidak banyak pembahasan mengenai pentingnya Berbagi Manfaat. Para menteri menyadari pentingnya mekanisme ini, anggota C20 masih akan memantau pembahasan selanjutnya tentang amandemen Peraturan Kesehatan Internasional.

3. Para Menteri tidak mengangkat hambatan kekayaan intelektual sebagai hambatan yang terkait dengan berbagi teknologi dan pengetahuan dan lebih memilih pentingnya kebutuhan ini ditangani secara sukarela. Pandemi COVID-19 menunjukkan bahwa perizinan wajib tidak berjalan maksimal untuk meningkatkan akses kebutuhan pandemi COVID-19.

I'm
4. Tidak banyak pembahasan mengenai pentingnya Berbagi Manfaat di dalam pembagian genomik surveilans. Para menteri menyadari pentingnya mekanisme ini, anggota C20 masih akan memantau pembahasan selanjutnya tentang amandemen Peraturan Kesehatan Internasional.

Akses Vaksin C20 dan Kelompok Kerja Kesehatan Global akan membahas membawa isu-isu prioritas ini ke C20 India. Secara umum, semua isu prioritas masih relevan untuk diangkat ke kursi kepresidenan berikutnya.

Kontak person:
Ah Maftuchan, Sherpa C20 Indonesia
E-mail: c20.secretariat@g20-indonesia.id

Tentang Civil 20 (C20):

C20 adalah salah satu Kelompok Keterlibatan resmi G20. Ini menyediakan platform bagi Organisasi Masyarakat Sipil (CSO) di seluruh dunia untuk menyuarakan aspirasi rakyat dengan para pemimpin dunia di G20. C20 melibatkan lebih dari 800 perwakilan dan jaringan masyarakat sipil dari berbagai negara di luar anggota G20.

Lipsus: Jalal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update