Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

Paguyuban Macapat Peringati Hari Pahlawan Di Kinanthi Scout Riders Coffe

11/11/2022 | 12:25 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-11T05:25:55Z


alasannews, Sidoarjo -- 10 Komunitas  Paguyuban  Macapat  yang berada di  Sidoarjo, Mojokerto dan sekitarnya pekan ini menggelar Acara Budaya Tirakatan yang dilaksanakan di  Kinanthi Scout Riders Coffe  Griya Samudera Asri Blok B6 No.5  Sidoarjo  dihadiri  Narasumber KMT. Projosuwasono Penghageng Sekolah Macapat Kridhamardawa Karaton Yogyakarta Hadiningrat.

Ketua Panitia  Gelar Budaya Tirakatan Kolonel  Laut (P) Ari Krisdiyanto, M.Tr.Hanla yang kesehariannya selaku Komandan Pusat Pendidikan  Lanjutan Perwira Kodiklatal ini,  sengaja  mendesain kegiatan ini untuk pembinaan kepada  kaum millennial  masa kini yang kebanyakan sudah melupakan  budaya yang kita miliki,  saatnya menumbuh kembangkan budaya luhur bangsa kita, siapa lagi kalau bukan kita, generasi muda yang memulai, disamping itu ajang ini juga sebagai tempat pembinaan Bela Negara kepada Anggota Paguyuban Macapat Sidoarjo agar semakin memperkokoh Persatuan dan Kesatuan Bangsa ini dalam mengawal tegaknya NKRI.


Ke-10 Paguyuban tersebut antara lain  Paguyuban Macapat Mardika Laras Surabaya Sidoarjo,  Paguyuban Macapat Sekar Palupi Bangah  Sidoarjo,  Paguyuban Macapat Wijaya Kusuma Mojokerto Kota,  Paguyuban Macapat Padhepokan Sela Kambang Gresik,  Paguyuban Macapat Tirta Kahuripan Pandaan,  Paguyuban Macapat Jenggala Manik Sidoarjo,  Pasinaon Macapat Pangudi Laras Sidoarjo,  Paguyuban Macapat Sekar Kawedhar Sidoarjo,  Sisbi Jenggolo Krian Sidoarjo dan Paguyuban RRR serta mendapat dukungan dari Dikbud Kabupaten Sidoarjo

Melalui  Kegiatan Budaya Macapatan dan Tirakatan pada tahun ini yang diselenggarakan menjelang Hari Pahlawan, kita mengambil tema : "Bela Negara Melalui Budaya". 


  Dengan harapan generasi muda yang hadir dalam Budaya Tirakatan kali ini akan menjadi motor penggerak di lingkungan masyarakat masing-masing, sehingga budaya yang baik ini kedepan akan tumbuh subur berkembang ke daerah-daerah lain, di Jawa Timur tidak hanya di Sidoarjo dan Mojokerto. 

Hal ini  sejalan dengan apa yang di sampaikan oleh narasumber   KMT. Projosuwasono Penghageng Sekolah Macapat Kridhamardawa Karaton Yogyakarta Hadiningratdimana  yang di damping oleh Mas Penewu Dirjo Parsono, V. Sri Sugiarti,  Siwi Suharjanti dan Effendy Hirnoto kepada sekitar 120 peserta yang hadir  bahwa  Budaya Paguyuban yang diselenggarakan di kota Udang  sebagai  workshop pengenalan dan pelatihan Macapat Cengkok Kridhamardawa Karaton Yogyakarta Hadiningrat dengan  peserta penggiat Macapat Sidoarjo.

 Harapannya adalah  Forum ini sebagai   pengembangan budaya akan mampu perkuat jati diri bangsa berupa sikap Nyawiji / persatuan, Greget/ selalu semangat, sengguh/ memiliki harga diri, ora mingkuh/ tidak  lari dari tugas dan tanggung jawab(dar) .

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update