Notification

×

Iklan

Iklan




Indeks Berita

Tag Terpopuler

PARADIGMA POS KAMLING DI ERA DIGITAL (Catatan Akhir Pekan)

3/12/2023 | 10:34 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-12T03:34:24Z



Palu, 12 Maret 2023 

Seorang teman jurnalist senior dari salah satu media mainstream kota Palu menanggapi surat edaran pemerintah dan pihak kepolisisan terkait himbauan tiap RT membangun pos kamling. 

Katanya kebijakan pamswakarsa terkait pelibatan masyarakat dalam kegaiatan keamanan lingkungan sudah tidak compatible lagi dengan zaman now. 

Kayaknya sahabat jurnalis masih punya persepsi dan paradigma lama yaitu pembangunan pos kamling tujuannya hanya terkait dengan kegiatan ronda kemanan lingkungan semata. 

Saya beri tanggapan balik dan juga sekaligus mengamini sebagian pendapat sahabat jurnalist senior ini. Saya katakan betuul pendapatnya anda tapi di luar negeri seperti di negara-negara maju yang penduduknya sangat individualistik dan super sibuk misalnya di Australia juga terdapat program  yang hampir sama dengan program Siskamling dan disebut neighbourhood watch. 

Saat ini mungkin salah satu kelurahan di kota Palu yang paling banyak Pos kamlingnya ada di kelurahan Tondo. Hampir semua RT sudah dibangunkan pos kamling. Menurut pak Lurah dan Ketua RT, himbaun untuk membangun pos kamling di tiap tiap RT merupakan tindak lanjut surat edaran dari pemerintah daerah dan kepolisian. 

Lalu berbagai pertanyaan nuncul antara lain ada pertanyaan misalnya, apakah ini karena jelang tahun politik ? kan tahun depan akan menghadapi pemilu sehingga bisa saja faktor keamanan lingkungan perlu lebih diperhatikan. Atau merupakan strategi dan agenda politik yang terselubung dari sejumlah parpol dan politisi yang akan ikut kontetasi pemilu tahun depan biar mulai lebih mendekatkan diri kepada masyarakat konstituent. 

Karena ada jargon yang cukup populer di tengah masyarakat yaitu kalau jelang pemilu politisi biasa lebih mendekatkan diri pada masyarakat konstituen dan kalau jelang bulan puasa politisi dan konstutuen lebih mendekatkan diri pada Allah. 

Tapi jargon seperti di atas mungkin dianggap keliru karena kenyataannya politisi dan konstituen hampir setiap saat selalu saling memelihara silaturahmi antara keluarga, warga, sahabat dan kerabat. 

Demikian juga masyarakat konstituen dan politisi selalu sangat taat menjalankan perintah agama. Kegiatan pengajian, ibadah dan berbagai kegiatan ritual keagamaan hampir setiap saat dilaksanakan. 

Zaman terus berubah dan teknologi terus berkembang pesat. Paradigma lama melihat kegiatan pos kamling dan ronda selalu diasosiasikan dengan kegiatan bagadang dan kegiatan sewaktu waktu di saat tengah malam dan subuh yang sepi dilakukan ronda keiling kompleks perumahan. Menggunakan teknologi tradisional dari local knowledge dan local wisdom seperti gentongan, juga membawa golok dan pentungan, peronda melilitkan sarung melingkar di leher dan memakai songkok mirip di film Unyil dulu. 

Tapi terjadi perubahan coz warga yang ronda kamling mungkin tidak lagi berbusana tradisional yang typical  seperti tempoe doloe itu tapi mungkin menggunakan busana yang lebih casual dan modern bermerk blue jeans, levis dan jaket kulit. 

Peronda tidak lagi menggunakan alat tradisional dan berkeliling kompleks perumahan tapi hanya nongkrong berliaturagmi, diskusi kecil dan cerita guyon di pos kamling sambil bermain domino dan game lainnya serta karaokean memamfaatkan telnologi digital blutooth dan  channel youtube. 

Perubahan paradigma juga terjadi karena disinyalir ternyata pelaku kejahatan tidak bergentayangan di malam hari tapi kini mereka telah merubah jadwal operasi di siang hari ketika masyarakat lagi sibuk beraktifitas di tempat kerjanya di luar rumah. Dan tentu yang lebih efektif melakukan ronda harus berbasis digital dengan mengandalkan jasa om CCTV dan bisa dipantau secara virtual arau online.


Ronda di era digital diserahkan pada Om CC TV (SISI TIPI) yang bisa melakukan ronda berbasis digital terhubung dengan jaringan internet selama 1X24 jam dan bisa dipantau oleh pemiliknya dari tempat kerjanya kalau lagi bekerja di siang hari atau dipantau dari pos kamling di malam hari. 

Melalui CCTV jika ada terpantau gelagat mencurigakan barulah segerah bertindak menghubungi petugas kepolosian terdekat (Babimkantimbmas) atau polsek terdekat. 

Jadi sebenarnya untuk masalah keamanan di era teknologi berbasis digital telah banyak dipercayakan pada Om CCTV yang bisa melakukan ronda secara digital 1x24 jam dan bisa dipantau dari jarak jauh. 

Di zaman now yg serba sibuk warga dan tetangga kompleks hampir tidak pernah ketemu dan bertegur sapah karena masing masing pada sibuk dgn aktivitas rutinnya sehari hari. 

Mungkin dalam setahun hanya satu atau dua kali bisa kumpul dan bercengkrama dengan tetangga serta bisa diskusi kecil dan curhat itupun hanya kalau ada acara hajatan tetangga seperti mungkin ada acara pengajian keluarga, arisan, acara Aqiqah, pesta pernikahan dan syukuran  itu baru ada waktu bisa kumpul tapi tentu waktunya sangat terbatas. 

Sejak erah teknologi modern berbasis komputer (computer based) dan berbasis digital hampir semua aktivitas manusia dibantu dan dipermudah oleh fasilitas teknologi. 

Saat ini misalnya saja ambil contoh dalam kegiatan penerbangan, Pilot dan Copilot saja sekarang mengandalkan  teknologi Auto pilot berbasis program komputer (Computer based). Pilot dan Copilot hanya menggunakan cara manual ketika akan lepas landas (Take Off) dan Mendarat (landing) karena dua moment itu yang sangat kritis dalam dunia penerbangan. Tapi setelah di udara pilot dan copilot bisa bersantai karena yg jalankan pesawat telah mengandalkan sistem program komputer. Semua telah diprogramkan dalam pernagkat teknologi digital di pesawat makanya program itu disebut auto pilot. 

Begitu juga saat ini mobil yang dijalankan tanpa pengemudi tapi dikendalikan oleh manusia melalui teknologi digital. 

Begitu juga wartawan dan cameraman dulu harus berjibaku mengambil gambar dan membuat film atau video tapi sekarang tapi saat ini lebih banyak mengandalkan teknologi drone. 

Dan drone bisa juga digunakan untuk memantau pergerakan musuh dan bahkan juga dipakaikan senjata canggih untuk menyerang musuh. Dan mungkij satu waktu masyarakarat tidak hanya mengandalkan CCTV untuk menjaga kemanan lungkungannya tapi juga menggunakan drone untuk memantau keamanan lingkungannya. Dan jika ada yang mencurigakan, drone bisa bertindak 

Jadi di erah teknologi berbasis digital hampir semua aktivitas manusia dibantu oleh teknologi digital termasuk penggunaan CCTV untuk menjaga keamanan kompleks perumahan dan perkantoran serta perusahaan selama 1x24 jam tanpa henti. CCTV juga biayanya terjangkau dan bisa terhubung dengan koneksi internet sehingga ownernya bisa memantau kegiatan ronda Om Sisi Tipi selama 1x24 jam walaupun berada dari jarak jauh. 

Tadi malam waktu acara syukuran dan peresmian Pos Kamling  RT1 RW 9 Perdos UNTAD sambil guyonan, bapak bapak mewanti ibu ibu dan bilang kalau marah sama paetua (suami) torang mo bermalam saja di Pos kamling, dari pada Ke Cewa atau Ke Cewe lebe bae ke Pos Kamling baacara....hehehehehe... 

Pos Kamling bisa juga jadi tempat santai di akhir pekan malam Sabtu dan Malam, minggu. Bisa baacara Bakar ikan, Bakar Jagung, Bakar Ubi dan terakhir Bakar Lota (Cerita lucu lucu versi Manado). Jadi dari pada paetua Ke Cewa atau Ke Cewe lebe bae Ke Pos Kamling Bakar Lota 
😂🤣👍🙏 

Selamat berkahir pekan 

Mochtar M

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

×
Berita Terbaru Update